ANALISIS EFEKTIVITAS DAN PENGGUNAAN LAYANAN MOBILE BANKING DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN KEPUASAN NASABAH BSI KC PAMEKASAN
Keywords:
mobile banking, minat, kepuasan nasabahAbstract
Dalam menjalankan tujuan perusahaan untuk mencapai perusahaan Top Ten Global, tentunya PT Bank Syariah Indonesia memiliki produk-produk yang memajukan perusahaan. Salah satunya di era sekarang ini mobile banking marak diperbincangkan sebab menjadi acuan para nasabah akan kemudahan dan segudang manfaat lainnya.Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui efektivitas Penggunaan Layanan Mobile banking dalam Menarik Minat dan kepuasan Nasabah dan juga memiliki tujuan untuk mengetahui proses efektivitas layanan mobile banking yang dilakukan PT Bank Syariah Indonesia KC Pamekasan dalam sistem layanan m-banking agar menarik minat dan kepuasan nasabah untuk menggunakannya. dan apa saja kendala yang ada disertai solusinya.Mobile banking di harapkan semakin maju dan semakin baik agar para nasabah minat dan puas dengan layanan mobile banking namun pada kenyataannya presentasi transaksi nasabah yang lebih banyak datang ke bank dan nasabah yang tidak mampu menggunakan teknologi lebih percaya transaksi langsung di bank ketimbang bertransaksi langsung di aplikasi mobile banking. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas mobile banking dalam meningkatkan minat dan kepuasan nasabahPenelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dimana mengumpulkan dan menemukan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, website dan buku guna mendapatkan informasi dan bukti dalam proses penelitian
References
Sugiyono. 2013. metode penelitian bisnis. bandung: alfabeta.
Fauji, D. A. S., PuspasariI, I. D., Aisyah, E. N., Rahadjeng, E. R., Saptaria, L., Rahman, Fadali, Nurjannah, D., Mahmud, Subhan, Ega S., Arisman, & Utami, Budi. (2021a). Analisis Data Penelitian Manajemen: Studi Fokus Analisis Kualitatif. In Fakultas Ekonomi Universitas Nusantra PGRI Kediri. Retrieved from http://repository.unpkediri.ac.id/4307/%0Ahttp://repository.unpkediri.ac.id/4307/1/Analisis Data Penelitian Manajemen Studi Fokus Analisis Kualitatif.pdf
Fauji, D. A. S., PuspasariI, I. D., Aisyah, E. N., Rahadjeng, E. R., Saptaria, L., Rahman, Fadali, Nurjannah, D., Mahmud, Subhan, Ega S., Arisman, & Utami, Budi. (2021b). Transformasi Bisnis Digital. In Fakultas Ekonomi Universitas Nusantra PGRI Kediri.
Kaltsum, Sekar Arum Dewi, dan Istyakara Muslichah. 2022. “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Nasabah Perbankan Syariah di Indonesia: Studi pada Layanan Mobile Banking” 01 (02).
Marginingsih, Ratnawaty. 2020. “Kualitas Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI (Studi Pada Pengguna BRI Mobile di Kota Depok).” Moneter - Jurnal Akuntansi dan Keuangan 7 (1): 24–31. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7475.
Matnin, Matnin, Aang Kunaifi, dan Ach Ubaidillah. 2021. “Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Risiko Dan Handling Of Complaints Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus Bprs Bakti Sumekar Cabang Pragaan).” Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa 6 (2): 176–91.
Mubayyanah, Mubayyanah, Aang Kunaifi, Fadali Rahman, dan Abd Rosyid. 2020. “Ragam Menu, Harga, Dan Lokasi : Pengaruhnya Terhadap Loyalitas PELANGGAN RESTORAN?” Masyrif: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen 1 (1): 148–74. http://dx.doi.org/10.28944/masyrif.v1i1.220.
Rahman, F, Sudarmiatin, Hermawan, A. (2023). Marketing Digitalization In Micro, Small, And Medium Enterprises (MSMES) of Pamekasan Regency In Post-Pandemic. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IJJSE), 6(1), 154–167. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/iijse.v6i1.1916
Riskiyah, Nuer, Aang Kunaifi, Matnin Matnin, dan Qaiyim Asyari. 2020. “Store Atmosphere Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Pada Restoran Kapal Jodoh Batu Marmar Pamekasan.” Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam 8 (2): 54–62. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v8i2.158.
Sari, Delima Aprilia Novita. t.t. “Efektivitas Penggunaan Bsi Mobile Terhadap Kepuasan Nasabah.”
Sugiyono. 2013. metode penelitian bisnis. bandung: alfabeta.
Tiana, Ika Maret, RR Yulianti Prihatiningrum, dan Ahmad Rifani. 2019. “Pengaruh Benefits Offered Aplikasi Mobile Banking terhadap Kepuasan Nasabah, Kepercayaan, Loyalitas dan Positive Word Of Mouth (WOM).” JABE (Journal of Applied Business and Economic) 5 (4): 351. https://doi.org/10.30998/jabe.v5i4.4184.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Licensing Terms
Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah use attribution-NonCommercial 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.