ANALISIS STRATEGI PELAYANAN PRIMA DALAM MENINGKATKAN COSTUMER LOYALITY PADA USPPS BMT MAWADDAH CABANG BATU BINTANG BATUMARMAR PAMEKASAN
DOI:
https://doi.org/10.32806/myfgty63Keywords:
Strategi pelayanan, Costumer Loyality, BMT Mawaddah.Abstract
Fokus penelitian dalam yang diteliti dalam tugas laporan praktium ini adalah analisi strategi pelayanan prima dalam meningkatkan costumer loyality pada USPPS BMT Mawaddah cabang Batubintang batumarmar pamekasan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh dari lapangan yang mengenai permasalahan diatas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif artinya menggambarkan atau meringkas berbagai kondisi, situasi atau fenomena sebagaimana adanya pada saat penelitian dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan interview, wawancara, observasi, dan metode studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah LKMS atau BMT dalam memberikan pelayanan prima pada anggota atau nasabah adalah suatu hal yang memberikan faktor dan pengaruh yang sangat besar dalam peningkatan loyalitas anggota atau nasabah, sehingga nasabah merasa dilayani dengan sepenuhnya, baik dari segi kualitas maupun kuantitas yang diberikan oleh pihak koperasi dan juga nasabah akan melakukan transaksi secara berulang-ulang baik dalam bentuk pinnjaman, gadai, ataupun simpanan atau tabungan.
References
Yulia Hamdaini Putri dan Ahmad Syathiri, Pengaruh Persepsi dan Minat Terhadap Keberadaan Baitul Mal Wattamwil (Bmt) di Kota Palembang, 2016.
M. Nur Rianto AL Arif, Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah Bandung, 2012.
Fandy Tjiptono, Pemasaran Jasa, Malang, 2005.
Fauji, D. A. S., PuspasariI, I. D., Aisyah, E. N., Rahadjeng, E. R., Saptaria, L., Rahman, F., Nurjannah, D., Mahmud, Subhan, E. S., Arisman, & Utami, B. (2021a). Analisis Data Penelitian Manajemen: Studi Fokus Analisis Kualitatif. In Fakultas Ekonomi Universitas Nusantra PGRI Kediri.
Fauji, D. A. S., PuspasariI, I. D., Aisyah, E. N., Rahadjeng, E. R., Saptaria, L., Rahman, F., Nurjannah, D., Mahmud, Subhan, E. S., Arisman, & Utami, B. (2021b). Manajemen umkm dan kewirausahaan Tinjauan Teori dan Review Riset. In Fakultas Ekonomi Universitas Nusantra PGRI Kediri. Fakultas Ekonomi Univesitas Nusantara PGRI Kediri.
Johan, J. (2024). INOVASI DALAM TEKNOLOGI KEUANGAN: MENGUBAH PRAKTIK PERBANKAN DAN INVESTASI TRADISIONAL. Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(2), 296–314. https://doi.org/10.32806/4a2g7278
Rahman, F. (2022). Manajemen Pemasaran Syariah Konsep Dasar, E-Marketing, Dan Strategi. In CV. Literasi Nusantara Abadi (Vol. 1, Issue 1).
Rahman, F., & Wafi, Abd. (2024). PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) SIBISA AL-KHAIRAT PAMEKASAN. Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(2), 113–124. https://doi.org/10.32806/5y2s8989
Ramin, Moh., Rofiqi, R., & Ali Wafa, Moh. (2024). PENERAPAN MULTI AKAD DALAM KONTRAK GADAI DI BANK JATIM SYARIAH CAPEM SAMPANG. Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(1), 18–34. https://doi.org/10.32806/2kb6s191
Rofiqi, R. (2024). ANALISIS NISBAH DALAM PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT UGT NUSANTARA CAPEM PASEAN. Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(2), 89–112. https://doi.org/10.32806/z73aag20
Mulyana dan Sufiyanor, Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan terhadap loyalitas pelanggan, 2009.
Sangadji, E.M, dan Sopiah, Perilaku Konsumen:Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian, Yogyakarta,2013.
Eddo, Rakasiwi.Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada BMT Perkasa Semarang), Semarang,2009.
Gendro Salim. Marketing Itu Mudah, Jakarta,2013
J.F. Engel, Rd. Blackwell, dan DW. Miniard, Perilaku Konsumen, Terjemahan, Jilid 1, Jakarta,1995
Kotler, P. dan Kevin Lane Keller, ”Manajemen Pemasaran”. Edisi 11, Jilid 1,Jakarta,2006
Usi Uswara, Pemikiran Kreatif Pemasaran, Cetakan 1,Yogyakarta, 2008.
Bintoro, Konsumen dan Pelayanan Prima, Cetakan 1,Yogyakarta, 2014.
Nina Rahmayanty, Manajemen Pelayanan Prima,Yogyakarta, 2010.
Ahmad Tarmidzi Anas Dkk, Analisis Penentuan Nisbah Bagi Hasil Terhadap Pembiayaan Mudharabah di BMT Mawaddah Cabang Karang Penang Pamekasan, Pamekasan, 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Achmad Tarmidzi Anas (Author); Ita Uzzakah, Khotijah Khotijah (Translator)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Licensing Terms
Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah use attribution-NonCommercial 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.