IMPLEMENTASI SISTEM JEMPUT BOLA PADA PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH DI KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG KOTA SUMENEP
Keywords:
Sistem jemput bola, Tabungan Mudharabah, Implementasi.Abstract
Karya ilmiah ini erjudul “Implementasi Sistem Jemput Bola pada Produk Tabungan Mudharabah di KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG KOTA SUMENEP" yang disusun oleh mahasiswa Jurusan S1 ekonomi syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan perbankan syariah sudah cukup meningkat serta adanya persaingan antara perbankan syariah dan perbankan konvensional. untuk mempertahankan nasabahnya perlu adanya pelayanan semaksimal mungkin, salah satunya menggunakan sistem jemput bola. Sistem jemput bola merupakan suatu strategi yang dilakukan dengan cara petugas langsung mendatangi nasabah. Karya ilmiah ini bertujuan untuk memahami bagaimana implementasi sistem jemput bola pada produk tabungan Mudharabah di Kspps Bmt Nu Jawa Timur Cabang Kota Sumenep. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu dengan cara melakukan survey langsung ke objek penelitian. Teknik pengumpulan data penulis memperoleh melalui dokumentasi, observasi ke lapangan, dan wawancara dengan Account Officer di KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG KOTA SUMENEP. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa sistem jemput bola merupakan andalan utama dalam melayani nasabah. Dlihat dari laporan tahunan KSPPS bmt Nu Jawa Timur Cabang Kota Sumenep memperlihatkan bahwa bank dalam kondisi sehat terbukti dengan meningkatnya jumlah nasabah dan jumlah tabungan dari tahun 2016-2020. Sehingga dengan sistem ini dapat meningkatkan laba atau pendapatan KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG KOTA SUMENEP.
References
Aisyah, E. N., Rahadjeng, E. R., Saptaria, L., Rahman, Fadali, Nurjannah, D., Mahmud, Subhan, Ega S., Arisman, Fauji, D. A. S., Utami, Budi, & PuspasariI, I. D. (2021). Analisis Data Penelitian Manajemen: Studi Fokus Analisis Kualitatif. Retrieved from http://repository.unpkediri.ac.id/4307/%0Ahttp://repository.unpkediri.ac.id/4307/1/Analisis Data Penelitian Manajemen Studi Fokus Analisis Kualitatif.pdf
Huda, N & Hudori K. (2017). Pemasaran Syariah. Edisi Pertama Cetakan Pertama. Jakarta: Kencana.
Aziz Abdul. (2018). Pelaksanaan Produk Tabungan pada BMT Al Fataya Cabang Guguak. Batusangkar: IAIN Batusangkar.
Iska & Rizal. (2005). Lembaga Keuangan Syariah. Batusangkar: STAIN Batusangkar.
Kunafi, Aang. 2016. “AKTUALISASI PEMASARAN SYARIAH.” Jurnal Studi Islam MIYAH 12(1):1–16. doi: http://dx.doi.org/10.33754/miyah.v12i1.30.g30.
Mansur Husani, Dhani Gunawan. (2007). Dimensi Perbankan dalam Al-Qur’an. Jakarta: PT Visi Kreasi.
Rahman, F. (2022). Manajemen Pemasaran Syariah Konsep Dasar, E-Marketing, Dan Strategi. In CV. Literasi Nusantara Abadi (Vol. 1).
Rahman, Fadali, & Ashari, Azis. (2020). Pengaruh pengetahuan akad Mudharabah terhadap keputusan anggota untuk menabung di bmt mawaddah cabang pakong pamekasan. Investi; Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 02(02), 87–97. Retrieved from http://ejournal.alkhairat.ac.id/index.php/INVESTI // Volume. 02 No. 02, Desember 2020
Shomad Abd. (2010). Hukum Islam Penomoran Prinsip Syariah Dalam Hukum Indonesia. Jakarta: Kencana.
Suwiknyo Dwi. (2009). Kompilasi Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
Issue
Section
License
Licensing Terms
Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah use attribution-NonCommercial 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.