ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT MASYARAKAT DALAM BERWIRAUSAHA DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32806/5a4cbk17Keywords:
Minat berwirausaha, akses modal, pendidikan kewirausahaan, dukungan pemerintah, persepsi risiko, lingkungan sosial, bimbingan, kepercayaan diri.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat masyarakat Indonesia dalam berwirausaha. Di tengah masalah pengangguran yang signifikan, rendahnya minat berwirausaha menjadi salah satu penyebab utama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 500 responden yang terdiri dari mahasiswa, lulusan perguruan tinggi, dan masyarakat umum, serta wawancara mendalam dengan 20 wirausahawan sukses dan 10 pejabat terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor utama yang mempengaruhi minat berwirausaha meliputi akses modal dan pembiayaan (65%), kurangnya pendidikan dan keterampilan kewirausahaan (58%), persepsi risiko dan kegagalan (52%), dukungan pemerintah dan infrastruktur (48%), lingkungan sosial dan budaya (45%), kurangnya mentor dan bimbingan (40%), serta kepercayaan diri dan motivasi (35%). Temuan ini mengindikasikan perlunya intervensi di berbagai aspek, seperti peningkatan akses modal, pendidikan kewirausahaan, dukungan pemerintah, dan perubahan budaya. Dengan mengatasi faktor-faktor tersebut, diharapkan minat masyarakat dalam berwirausaha dapat meningkat, membantu mengurangi tingkat pengangguran, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.
References
Anas, A. (2024). Memperkuat Ekonomi Masyarakat Melalui Qardh Beragun Emas: Pengalaman Dan Pembelajaran Dari Bprs Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Bandaran. Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1), 222–232. https://doi.org/10.32806/wd7xg190
H. Zuchri, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (1st ed., Vol. 1).
Johan, J. (2024). Inovasi Dalam Teknologi Keuangan: Mengubah Praktik Perbankan Dan Investasi Tradisional. Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(2), 296–314. https://doi.org/10.32806/4a2g7278
Kadir, A., Kunaifi, A., & Zainuddin, Z. (2024). Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Daya Saing Koperasi Di Bmt Sidogiri Capem Waru. Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(1), 79–88. https://doi.org/10.32806/tpqfj628
Pellu, A. (2023). Model Ingklusi Keuangan Pada Pedagang Pasar Tradisional Berbasis Pedesaan. Investi : Jurnal Ekonomi dan Perbankan, 4(2), 514–528. https://doi.org/10.32806/ivi.v4i2.137
Petropoulos, F., Apiletti, D., Assimakopoulos, V., Babai, M. Z., Barrow, D. K., Ben Taieb, S., Bergmeir, C., Bessa, R. J., Bijak, J., Boylan, J. E., Browell, J., Carnevale, C., Castle, J. L., Cirillo, P., Clements, M. P., Cordeiro, C., Cyrino Oliveira, F. L., De Baets, S., Dokumentov, A., … Ziel, F. (2022). Forecasting: Theory and practice. International Journal of Forecasting, 38(3), 705–871. https://doi.org/10.1016/j.ijforecast.2021.11.001
Ramin, M., Bella, Y. C., Hasanah, L., & Munawwarah, S. (2023). Strategi Diversifikasi Portofolio Saham Di Bei Untuk Mengurangi Resiko. 4.
Razen, M., Huber, J., Hueber, L., Kirchler, M., & Stefan, M. (2021). Financial literacy, economic preferences, and adolescents’ field behavior. Finance Research Letters, 40, 101728. https://doi.org/10.1016/j.frl.2020.101728
Romin, Moh. (2020). Peran Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi pada Baitul Maal wa Tamwil Nahdhatul Ulama Cabang Pasean Pamekasan). At-Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi, 11(2), 120. https://doi.org/10.18592/at-taradhi.v11i2.3959
Sampoerno, A. E., & Asandimitra, N. (2021). Pengaruh financial literacy, income, hedonism lifestyle, self- control, dan risk tolerance terhadap financial management behavior pada generasi milenial. 9.
Soehadi, A. W., Simandjuntak, D., & Kusmulyono, M. S. (2019). Mahasiswa Pengusaha: Gerakan Generasi Muda Menjawab Tantangan Ekonomi Indonesia 2045. Prasetiya Mulya Publishing.
Song, Y., Zheng, S., Li, L., Zhang, X., Zhang, X., Huang, Z., Chen, J., Wang, R., Zhao, H., Chong, Y., Shen, J., Zha, Y., & Yang, Y. (2021). Deep Learning Enables Accurate Diagnosis of Novel Coronavirus (COVID-19) With CT Images. IEEE/ACM Transactions on Computational Biology and Bioinformatics, 18(6), 2775–2780. https://doi.org/10.1109/TCBB.2021.3065361
Pudjiastuti, W. (2016). Social marketing: Strategi jitu mengatasi masalah sosial di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Purnawati, Y. (2023). Determinan Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa FEB UNHAS) (Doctoral dissertation, Universitas Hasqanuddin).
Waluyo, B. (2022). Pemberantasan tindak pidana korupsi: Strategi dan optimalisasi. Sinar Grafika.
Wahyudin, A. (n.d.). Studi fenomenologi tentang pengalaman pekerja migran dalam industri pariwisata.
Wahyudin, A. (2024). Peran Inovasi Produk Keuangan Dalam Mengatasi Dampak Ekonomi Pandemi: Kasus Deposito Berhadiah Win Solution Di Bprs Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1), 190–201. https://doi.org/10.32806/4v82v353
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aji Arianto (Author); Eli Masnawati (Translator)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Licensing Terms
Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah use attribution-NonCommercial 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.