ANALISIS FAKTOR LOYALITAS NASABAH PADA TABUNGAN MUDHARABAH DI KSPPS BTM SANG SURYA PAMEKASAN
Keywords:
Loyalitas, Mudharabah, NasabahAbstract
Semakin banyaknya pesaing dalam menguasai pasar, sebuah institut atau lembaga usaha dipaksa untuk membentuk strategi terbaik mereka untuk menarik para konsumen. Begitu pula dengan lembaga keuangan syari’ah. Setelah mendapatkan beberapa nasabah, langkah selanjutnya adalah bagaimana nasabah tersebut tetap setia pada lembaga keuangan digunakan mempertahankan jumlah nasabah agar tidak berpaling pada pesaing. Hal inilah yang disebut dengan loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen memberikan keuntungan yang sangat besar pada suatu perusahaan. Selain mempertahankan konsumen yang ada, dapat juga mempermudah dalam mendapatkan konsumen baru. Loyalitas bisa didapatkan jika pelanggan merasa puas dengan segala hal yang ditawarkan oleh perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan mendapatkan melalui obeservasi dan wawancara langsung pada nasabah mudharabah di KSPPS BTM SANG SURYA PAMEKASAN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling banyak menjadi penyebab terbentuknya loyalitas konsumen pada produk tabunga nmudharabah di KSPPS BTM SANG SURYA PAMEKASAN adalah legalitas koperasi, dan kualitas pelayanan.
References
Abd al-Rahman al-Jaziri (2004), Al-Fiqh alâ al-Madzâhib al-Arba’ah, Kairo : DâralHadîts
Abdurrakhim&masrukhin (2009). Terjemahan Fiqh Sunnah. Jakarta: Cakrawala Publishing
Abidin, Ibn (2000). Hasyiyah Rad al-Mukhtâr ‘alâ al-Dar al-MukhtârSyarhTanwîralAbshâr Fiqh AbûHanifah, Beirût : Dâr al Fikr.
Al Kattani, Abdul Hayyie (2011). Terjemah Fikih Islam wa Adillatuhu, Jakarta: Gema Insani.
Atmaja, J. (2018). Kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas pada bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49-63.
CN Andiyansari. (2020) Akad Mudharabah Dalam Prespektif Fikih dan Perbankan Syariah. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 3(2) 42-54.
CucuSumartini, L., &FajrianyArdiningTias, D. (2019). AnalisisKepuasanKonsumenUntukMeningkatkan Volume PenjualanKedai Kopi Kala Senja. JurnalEBis (Ekonomi Bisnis), 3(2), 111-118
Komariyah, Nuru;, and Aang Kunaifi. 2020. ”Pengaruh Pendayagunaan Zakat, Infaq Dan Shadaqah Produktif Terhadap Pengurangan Angka Kemiskinan (Studi Pada LAZIS Muhammadiyah Pamekasan)”. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman 6(2):149–65
Mardani, Fiqh ekonomi Syariah: Fiqh Muamalah, Jakarta: Kencana, 2013.
Maruta, H. (2016). AkadMudharabah, Musyarakah, Dan Murabahah Serta AplikasinyaDalam Masyarakat. IQTISHADUNA: JurnalIlmiah Ekonomi Kita, 5(2), 80-106.
Mashuri, M. (2016). Peran Baitul Maal WaTamwil (BMT) DalamUpayaPemberdayaan Ekonomi Masyarakat. IQTISHADUNA: JurnalIlmiah Ekonomi Kita, 5(2), 114123.
Mubayyanah, Aang Kunaifi, Fadali Rahman, Abd Rosyid. 2020. “RAGAM MENU, HARGA, DAN LOKASI : PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN RESTORAN?”Masyrif: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen 1(1):148–74. doi: http://dx.doi.org/10.28944/masyrif.v1i1.220
Mursid, F. (2020). Kajian Fatwa Dewan Syariah Nasional Tentang
Mudharabah. Tawazun: Journal of Sharia Economic Law P-ISSN, 2655-9021.
Nurhasanah, Neneng (2015), Mudharabah, RefikaAditama: Bandung.
Rahman, F, Sudarmiatin, Hermawan, A. (2023). Marketing Digitalization In Micro, Small, And Medium Enterprises (MSMES) of Pamekasan Regency In Post-Pandemic. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IJJSE), 6(1), 154–167. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/iijse.v6i1.1916
Rahman, Fadali, et al. (2021). Manajemen umkm dan kewirausahaan Tinjauan Teori dan Review Riset.
Rahman, Fadali, & Ashari, Azis. (2020). Pengaruh pengetahuan akad mudharabah terhadap keputusan anggota untuk menabung di bmt mawaddah cabang pakong pamekasan. Investi; Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 02(02), 87–97. Retrieved from http://ejournal.alkhairat.ac.id/index.php/INVESTI // Volume. 02 No. 02, Desember 2020
Samsudin, S. (2019). AnalisisLoyalitasPelanggan Di Pt NutrifoodKotamadya Bogor. TransparansiJurnalIlmiahIlmuAdministrasi, 1(2), 179
Satria, B. (2017). Implementasi Strategi CRM DalamMempertahankanLoyalitasPelanggan Pada Pengusaha Retail BahanBangunan (StudiKasus: Setu, Bekasi). JABE (Journal of Applied Business and Economic), 1(3), 160-165.
Sofiati, I., Qomariah, N., &Hermawan, H. (2018). Dampak kualitas pelayanan konsumen. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2).
Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(1), 11-25.
Srisusilawati, P., & Eprianti, N. (2017). Penerapan prinsip keadilan dalam akad mudharabah di lembaga keuangan syariah. Law and Justice, 2(1), 12-23.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Licensing Terms
Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah use attribution-NonCommercial 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.