MENELAAH KEPUASAN ANGGOTA: EVALUASI PELAYANAN ANTAR JEMPUT TABUNGAN DI KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG PASONGSONGAN
DOI:
https://doi.org/10.32806/0p28ft03Keywords:
Kepuasan; Evaluasi Pelayanan;Tabungan KSPPS BMT Nu.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pasongsongan. Sedangkan subjeknya adalah Anggota KSPPS BMT NU yang berjumlah 5 (lima) orang dengan 1 (satu) informan KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pasongsongan. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk validasi data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data ada tiga, yaitu: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Menarik Kesimpulan dan Verifikasi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa (1) kualitas pelayanan KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pasongsongan. cukup memuaskan pelanggan. Namun masih ada faktor yang membuat pelanggan merasa cukup puas yaitu keterbatasan waktu. (2) Terdapat empat faktor yang menentukan kualitas pelayanan penjemputan produk tabungan terhadap kepuasanAnggotapada KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pasongsongan, yaitu Responsivness, Reliability, Assurance, dan terakhir Emphaty (Empati). (3) Tingkat kualitas penjemputan produk tabungan terhadap kepuasan Anggota dilakukan oleh KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pasongsongan yaitu dengan memberikan kualitas pelayanan yang terbaik dan memenuhi keinginan Anggota sehingga Anggota akan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Petugas KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pasongsongan.
References
Cahyani, P. D. (2016). Tingkat Kepuasan Amggota Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah Di Yogyakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(2).
Darwati, A. (2019, Mei 2). Amggota Pelayanan Antar Jemput Produk Tabungan Pada BPRS Harta Insan Karimah Cabang Cikarang. (S. W. Dewi, Interviewer) Cikarang.
Donald R. Cooper, P. S. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba
Eko Wahyudi, I. W. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kompetensi Karyawan Terhadap Kepuasan Amggota (Studi Kasus pada PT. Bank Tabungan Negara KCP Cibubur). Jurnal Manajemen dan Bisnis Krisnadwipayana, 06(02).
Fauji, D. A. S., I. D. PuspasariI, E. N. Aisyah, E. R. Rahadjeng, L. Saptaria, Fadali Rahman, D. Nurjannah, Mahmud, Ega S. Subhan, Arisman, and Budi Utami. 2021. Analisis Data Penelitian Manajemen: Studi Fokus Analisis Kualitatif.
Kadir, Abdul, Aang Kunaifi, and Zainuddin Zainuddin. 2024. “STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING KOPERASI DI BMT SIDOGIRI CAPEM WARU.” Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 1(1):79–88. doi: 10.32806/tpqfj628.
Kunaifi, Aang. 2016. Manajemen Pemasaran Syari’ah Pendekatan Human Spirit; Konsep, Etika, Strategi, dan Implementasi. Vol. 1. 1st ed. Yogyakarta: Maghza Pustaka.
Kunaifi, Aang, and Nur Syam. 2021. “Business Communication in Developing the Halal Tourism Industry.” Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE) 4(1):1–17. doi: 10.31538/iijse.v4i1.1305.
Rahman, F. 2022. Manajemen Pemasaran Syariah Konsep Dasar, E-Marketing, Dan Strategi. Vol. 1.
Rahman, Fadali, Mad Yunus, Ahmad Nuruddin Hasbullah, Program Studi, Ekonomi Syariah, and Jawa Timur. 2022. “STRATEGI MARKETING MIX DI PT . SEMEN INDONESIA.” 3(1).
Syaiful Suib, Mohammad, Hanifatun Ni’mah, Siti Nurma Ayu, Anadia Sabrina, Siti Fatimatuz Zahro, Dwi Yuni Erlina Rahmawati, Ike Nurjannah, and Arini Camilia Witri. 2024. “AKUNTABILITAS FUNDRAISING ZISWAF UNTUK MENINGKATKAN CUSTOMER TRUST DI MWC NU PAITON.” Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 1(1):35–43. doi: 10.32806/jxk10k06.
Kunaifi, Aang. 2016. Manajemen Pemasaran Syari’ah Pendekatan Human Spirit; Konsep, Etika, Strategi, dan Implementasi. Vol. 1. 1st ed. Yogyakarta: Maghza Pustaka.
Kunaifi, Aang, and Nur Syam. 2021. “Business Communication in Developing the Halal Tourism Industry.” Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE) 4(1):1–17. doi: 10.31538/iijse.v4i1.1305.
Grönroos, C. (2007). Service management and marketing: A customer relationship management approach. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.
Ulul Azmi Mustofa, Y. S. (2015). Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Umum Syariah Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 01(02).
Rahman, F. (2022). Manajemen Pemasaran Syariah Konsep Dasar, E-Marketing, Dan Strategi. In CV. Literasi Nusantara Abadi (Vol. 1, Issue 1).
Rahman, F., Yunus, M., Hasbullah, A. N., Studi, P., Syariah, E., & Timur, J. (2022). STRATEGI MARKETING MIX DI PT . SEMEN INDONESIA. 3(1).
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2009). Services marketing: Integrating customer focus across the firm. New York: McGraw-Hill.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdul Bari (Author); Hedri Hedri, Irto Pranoto, Achmad Nawardi, Khoirul Aldi Gunawan, Abd Ghafur (Translator)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Licensing Terms
Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah use attribution-NonCommercial 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.