STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN DIGITAL LIBRARY DI KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG UTAMA GAPURA SUMENEP

Authors

  • Abd. Rasyd Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Author
  • Fitriani Fitriani Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Nur Halimah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Nurul Hayati Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Nurul Ulfa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Rahmah Rahmah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator

DOI:

https://doi.org/10.32806/f5mr7g62

Keywords:

Strategi pemasaran, Produk tabungan, Digital Library.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran produk tabungan digital library di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Utama Gapura Sumenep. Produk tabungan digital library adalah inovasi yang menggabungkan fitur tabungan dengan akses ke perpustakaan digital, yang dirancang untuk meningkatkan literasi dan akses informasi bagi nasabah. Metode penelitian yang digunakan mencakup studi pustaka, survei, dan wawancara dengan manajemen KSPPS serta calon nasabah potensial. Temuan penelitian menunjukkan bahwa segmen pasar yang paling menjanjikan adalah mahasiswa, pelajar, dan orang tua mereka, serta profesional muda. Strategi pemasaran yang diusulkan meliputi segmentasi berdasarkan karakteristik demografis dan minat, penargetan pada segmen yang paling berpotensi, positioning sebagai solusi integratif untuk literasi dan keuangan, promosi melalui media sosial, iklan lokal, dan kemitraan dengan lembaga pendidikan, serta distribusi melalui kemitraan dengan bisnis lokal dan lembaga pendidikan. Diharapkan strategi ini akan membantu KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Utama Gapura Sumenep meningkatkan kesadaran dan adopsi produk tabungan digital library, serta memberikan manfaat yang signifikan bagi nasabah dan masyarakat.

References

Ainol Yaqin, (2020). Persepsi kiai dan tokoh nahdatul ulama terhadap akad dan produk al qardh al hasan, rahn dan hadiah di KSPPS BMT NU JAWA TIMUR. Profit :jurnal kajian ekonomi dan perbankan 4 (1), 54-55.

Bmt nu jatim.Com (2020). BMT NU-Q menjadi solusi ditengah pandemi covid 19. https://bmtnujatim.com/blog/artikel-260-kesaksian-anggota-lazizma-BMT-NU-JawaTimur. Diakses 03 maret 2023 pukul 09.37.

Fauji, D. A. S., I. D. PuspasariI, E. N. Aisyah, E. R. Rahadjeng, L. Saptaria, Fadali Rahman, D. Nurjannah, Mahmud, Ega S. Subhan, Arisman, and Budi Utami. 2021a. Analisis Data Penelitian Manajemen: Studi Fokus Analisis Kualitatif.

Fauji, D. A. S., I. D. PuspasariI, E. N. Aisyah, E. R. Rahadjeng, L. Saptaria, Fadali Rahman, D. Nurjannah, Mahmud, Ega S. Subhan, Arisman, and Budi Utami. 2021b. Transformasi Bisnis Digital.

Kadir, Abdul, Aang Kunaifi, and Zainuddin Zainuddin. 2024. “STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING KOPERASI DI BMT SIDOGIRI CAPEM WARU.” Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 1(1):79–88. doi: 10.32806/tpqfj628.

Kunaifi, Aang. 2016. “IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN BERBASIS HUMAN SPIRIT DALAM MARKETING 3.0 DI BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARI’AH (BPRS) BHAKTI SUMEKAR KABUPATEN SUMENEP.” Thesis Master, UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.

Kunaifi, Aang, and Lailatul Qomariyah. 2021. “Developing Company Images Through Spiritual Public Relations Facing Covid-19 Outbreak.” Jurnal Iqtisaduna 1(1):13. doi: 10.24252/iqtisaduna.v1i1.15808.

Rahman, F. 2022. Manajemen Pemasaran Syariah Konsep Dasar, E-Marketing, Dan Strategi. Vol. 1.

Rahman, F, Sudarmiatin, Hermawan, A. 2023. “Marketing Digitalization In Micro, Small, And Medium Enterprises (MSMES) of Pamekasan Regency In Post-Pandemic.” Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IJJSE) 6(1):154–67. doi: https://doi.org/10.31538/iijse.v6i1.1916.

Rahman, Fadali, and Heri Pratikno. 2022. “Sibisa Al Khairat Pamekasan Cooperative Financial Ratios During the Pandemic.” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 1(1):445–54.

Rahman, Fadali, Mad Yunus, Ahmad Nuruddin Hasbullah, Program Studi, Ekonomi Syariah, and Jawa Timur. 2022. “STRATEGI MARKETING MIX DI PT . SEMEN INDONESIA.” 3(1).

Suniyatul, Suniyatul. 2023. “STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL TERHADAP MINAT BELANJA MASYARAKAT DI PASAR LEMPONG BUNTEN BARAT.” Investi : Jurnal Ekonomi dan Perbankan 4(2):570–85. doi: 10.32806/ivi.v4i2.140.

Wahyudin, Ahmad. 2024. “PERAN INOVASI PRODUK KEUANGAN DALAM MENGATASI DAMPAK EKONOMI PANDEMI: KASUS DEPOSITO BERHADIAH WIN SOLUTION DI BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN.” Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 2(1):190–201. doi: 10.32806/4v82v353.

Riskiyah, Nuer, Aang Kunaifi, Matnin Matnin, and Qaiyim Asyari. 2020. “Store Atmosphere Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Pada Restoran Kapal Jodoh Batu Marmar Pamekasan.” Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam 8(2):54–62. doi: 10.37812/aliqtishod.v8i2.158

Kartila Muzayyinah, Asmuni, (2022). Strategi perbankan syariah dalam menghadapi era digital. Jurnal ilmiah ekonomi islam 8 (3).

Nur Fadilah, (2020). Pengertian konsep dan strategi pemasaran syariah. Salimiya, vol 1 (2).

Downloads

Published

2024-04-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN DIGITAL LIBRARY DI KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG UTAMA GAPURA SUMENEP. (2024). Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 316-325. https://doi.org/10.32806/f5mr7g62

Similar Articles

1-10 of 35

You may also start an advanced similarity search for this article.