IMPLEMENTASI TABUNGAN MUDHARABAH DENGAN SISTEM JEMPUT BOLA DI BMT UGT NUSANTRA CABANG WARU
DOI:
https://doi.org/10.32806/71ebxr23Keywords:
Pelaksaan, Jemput Bola, BMT UGT NUSANTRA.Abstract
BMT UGT NUSANTRA Capem Waru merupakan lembaga keuangan syariah yang bertugas menghimpun dana dari masyarakat berupa tabungan atau deposito, serta menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan. Salah satu produk tabungan yang ada di BMT UGT NUSANTRA Capem Waru adalah produk tabungan Simpanan Mudarabah Umum. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Cara atau metode pemasaran Jemput bola product Simpanan mudharabah umum yang digunakan oleh BMT UGT NUSANTRA Capem Warudengan menggunakan variabel Product, Place, Process dan Promotion. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan jenis data kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan reduksi data, display data atau penyajian data dan terakhir kesimpulan dengan teknik triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh BMT UGT NUSANTRA Capem Warudinilai efektif karena mampu meningkatkan jumlah nasabah dan memenangkan persaingan terbukti dengan semakin banyak nasabah yang menggunakan produk Simpanan Mudharabah Umum di BMT UGT NUSANTRA Capem Waru Yang diharapkan dalam penelitian ini supaya lebih tepat dalam membidik target seharusnya menambaha promosi dengan memasang banner di lingkugan pasar waru sehingga banyak masyarkat yang mengennal produck yang ada di BMT UGT NUSANTRA Capem Waru.
References
Fauji, D. A. S., PuspasariI, I. D., Aisyah, E. N., Rahadjeng, E. R., Saptaria, L., Rahman, F., Nurjannah, D., Mahmud, Subhan, E. S., Arisman, & Utami, B. (2021). Analisis Data Penelitian Manajemen: Studi Fokus Analisis Kualitatif. In Fakultas Ekonomi Universitas Nusantra PGRI Kediri.
Kadir, A., Kunaifi, A., & Zainuddin, Z. (2024). STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING KOPERASI DI BMT SIDOGIRI CAPEM WARU. Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(1), 79–88. https://doi.org/10.32806/tpqfj628
Kunaifi, A. (2016). Manajemen Pemasaran Syari’ah Pendekatan Human Spirit; Konsep, Etika, Strategi, dan Implementasi (1st ed., Vol. 1). Maghza Pustaka.
Rahman, F. (2022). Manajemen Pemasaran Syariah Konsep Dasar, E-Marketing, Dan Strategi. In CV. Literasi Nusantara Abadi (Vol. 1, Issue 1).
Rahman, F., & Ashari, A. (2020). Pengaruh pengetahuan akad mudharabah terhadap keputusan anggota untuk menabung di bmt mawaddah cabang pakong pamekasan. Investi; Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 02(02), 87–97.
Rahman, F., & Handayati, P. (2023). The Effect of Buying and Selling Financing and Profit Sharing Financing on Financial Performance at BPRS Bhakti Sumekar. Internasional Jurnal of Integrative Science, 1(4), 219–232. https://doi.org/10.55927
Rofiqi, R. (2024). ANALISIS NISBAH DALAM PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT UGT NUSANTARA CAPEM PASEAN. Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(2), 89–112. https://doi.org/10.32806/z73aag20
Wahyudin, A. (2024). PERAN INOVASI PRODUK KEUANGAN DALAM MENGATASI DAMPAK EKONOMI PANDEMI: KASUS DEPOSITO BERHADIAH WIN SOLUTION DI BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN. Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1), 190–201. https://doi.org/10.32806/4v82v353
Kasmir, Pemasaran Bank, (Jakarta : Kencana 2005)
Ridwan, Muhammad, Manajemen Baitul Maal Wat Tamwil, (Yogyakarta, UII Press, 2004)
Sugiyono, metode Penelitian Kualitatif untuk Bisnis, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009)
Yuliadi Immamudin, Ekonomi Islam: (Yogyakarta:LPPI, 2001)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdul Bari (Author); Fadali Rahman, Moh Ramsi, Salehoddin Salehoddin (Translator)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Licensing Terms
Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah use attribution-NonCommercial 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.