UPAYA PENINGKATAN LITERASI KEUANAGAN MELALUI PRODUK RAHN DI BMT MAWADDAH BUJUR
Keywords:
Literasi Keuangan, Produk Rahn, BMT MawaddahAbstract
Kehadiran Bmt Mawaddah di Indonesia adalah salah satu perwujudan konsep keuangan yang sejalan dengan prinsip Islam sebagai agama mayoritas penduduk Indonesia sehingga memberikan banyak peluang bagi masyarakat dalam menjalankan bisnis atau usahanya. Masalah terbanyak yang muncul adalah tingkat literasi syariah dikalangan masyarakat Indonesia masih rendah. Tujuan utama pengabdian Bmt Mawaddah adalah memberikan edukasi dan pemahaman literasi keuangan Islam kepada para pengelola, agar mereka mampu mengembangkan usaha Bmt Mawaddah sehingga dapat meningkatkan roda perekonomian negara sesuai syariat Islam. Metode atau tahapan dalam kegiatan ini mengikuti siklus PDCA dengan kegiatan utamanya adalah sosialisasi materi, konsep keuangan syariah dengan menekankan pemahaman tentang produk yang dapat ditawarkan kepada anggota dan melakukan pendampingan pelaksanaan akad-akad keuangan syariah. Tim pengabdian masyarakat mencoba mengoreksi praktik yang masih belum sesuai dengan konsep keuangan syariah serta memberikan masukan dalam hal peningkatan layanan keuangan syariah sehingga anggota semakin merasa terbantu dan yakin dengan keberadaan Bmt Mawaddah tersebut
References
Fauji, D. A. S., PuspasariI, I. D., Aisyah, E. N., Rahadjeng, E. R., Saptaria, L., Rahman, Fadali, Nurjannah, D., Mahmud, Subhan, Ega S., Arisman, & Utami, Budi. (2021). Analisis Data Penelitian Manajemen: Studi Fokus Analisis Kualitatif. In Fakultas Ekonomi Universitas Nusantra PGRI Kediri. Retrieved from http://repository.unpkediri.ac.id/4307/%0Ahttp://repository.unpkediri.ac.id/4307/1/Analisis Data Penelitian Manajemen Studi Fokus Analisis Kualitatif.pdf
Fauji, D. A. S., PuspasariI, I. D., Aisyah, E. N., Rahadjeng, E. R., Saptaria, L., Rahman, Fadali, Nurjannah, D., Mahmud, Subhan, Ega S., Arisman, & Utami, Budi. (2022). Manajemen Keuangan Strategik. In Fakultas Ekonomi Universitas Nusantra PGRI Kediri.
Rahman, F, Sudarmiatin, Hermawan, A. (2023). Marketing Digitalization In Micro, Small, And Medium Enterprises (MSMES) of Pamekasan Regency In Post-Pandemic. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IJJSE), 6(1), 154–167. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/iijse.v6i1.1916
Rahman, Fadali, & Handayati, Puji. (2023). The Effect of Buying and Selling Financing and Profit Sharing Financing on Financial Performance at BPRS Bhakti Sumekar. Internasional Jurnal of Integrative Science, 1(4), 219–232. https://doi.org/10.55927
(M.A.Sehan,2004: 3). Implementasi akad Rahn Pada Pegadaian syariah Dalam Rangka
Meningkatkan Minat Masyarakat Pada Keuangan Syariah: jurnal rekoginisi ekonomi islam,2(1),53
(Sutrianto, Rahmawan, Hadi, & Fitriono, 2016), (Yushita, 2017). Pengaruh Tngkat Literasi Keuangan Terhadap Kepercayaan Pada Prouk Perbankan Syariah. Syntax Idea,2(1),3
(Yushita,2017),(Hamdani, 2018).Analisis Keuangan Syariah Tentang Riba Pada Anggota BMT/Koprasi Syariah:Jurnal Ilmiah Ekonomi islam,8(02),
[Faridho, 2018].Dampak Tingkat Literasi keuangan Syariah Terhadap Minat Produk Keuangan Syariah:Jurnal Administrasi Kantor,9(1),2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Licensing Terms
Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah use attribution-NonCommercial 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.