OPTIMASI PRODUK USPPS BMT KOIM MAWADDAH PUSAT DI ERA DIGITAL
Keywords:
Era Digital, Optimasi Produk, Efektivitas, EfesiensiAbstract
BMT Koim Mawaddah Pusat menjadi koperasi yang mulai mengikuti perkembangan era digital yaitu memanfaatkan teknologi informasi melalui pembaharuan sistem layanan digital yang bertujuan untuk mempermudah anggota mendapatkan informasi dan bertransaksi keuangan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Data yang didapatkan dari penelitian ini merupakan hasil wawancara mendalam penulis dengan Branch Manajer dan Anggota USPPS BMT Koim Mawaddah Pusat, selain itu data pendukung lainnya berupa hasil observasi, brosur, website, profil perusahaan dan struktur organisasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa optimasi produk yang dilakukan oleh USPPS BMT Koim Mawaddah di era digital yaitu dengan cara menciptakan aplikasi yang menunjang kemudahan anggota dalam bertransaksi menggunakan produk-produk yang sudah tercover pada aplikasi. Terdapat enam beranda dalam aplikasi yang menunjang kebutuhan anggota yaitu Info Rekening (Check saldo dan History), QR-Code (Transfer atau yang lain tinggal QR-Code), Transaksi (Transfer, Pembayaran atau yang lain), Top Up E-Money (Top up Gopay dan OVO), Pembelian (Mau beli Pulsa) dan Transfer sesama. Aplikasi dinilai sangat efektif dan efisien karena anggota terbantu dalam melakukan transaksi keuangan melalui aplikasi milik USPPS BMT Koim Mawaddah. Efektivitas aplikasi yang dimiliki USPPS BMT Koim Mawaddah diantaranya memudahkan anggota dalam pengecekan informasi saldo, transfer antar anggota dan bank umum, pembelian pulsa, listrik, pengisian dompet digital dan lain-lain.
References
Abu Bakar, B. 2013. Terjemahan Tafsir Jalalain Berikut Asbabun Nuzul Jilid 2 (2nd ed.). Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.
Amalia, I. R. 2019. Optimalisasi Produk Bank Syariah Dalam Menghadapi Digital Banking (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kota Palopo). Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Buchori, N. S. 2012. Koperasi Syariah Teori & Praktik (D. Riswandi (Ed.); 1st ed.). Tangerang Selatan: PAM Press.
Calam, A., Sari, D. P., & Aryanto, D. (2021). Upaya Meningkatkan Partisipasi Dan Minat Masyarakat Terhadap Koperasi Syariah BMT At-Tiin. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(6), 303–313. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.62
Devianto, Y., & Dwiasnati, S. (2020). Kerangka Kerja Sistem Kecerdasan Buatan dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Indonesia. Jurnal Telekomunikasi Dan Komputer, 10(1). https://doi.org/10.22441/incomtech.v10i1.7460
Devita, R. N., & Wibawa, A. P. (2020). Teknik-teknik Optimasi Knapsack Problem. Sains, Aplikasi, Komputasi Dan Teknologi Informasi, 2(1). https://doi.org/10.30872/jsakti.v2i1.3299
Effendi, R. 2015. Kerangka Teoritis. Kajian Literatur Dan Teori Sosial Dalam Penelitian, 2.
Hertati, D. 2020. Efektivitas Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan Melalui Surabaya Single Windows Di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Surabaya Pusat Kota Surabaya. January 2019, 1–121.
Indrasari, M. 2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. In Unitomo Press (Pertama, Vol. 7, Issue 1). Unitomo Press. http://repository.unitomo.ac.id/2773/1/PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN.pdf
Rahman, F, Sudarmiatin, Hermawan, A. (2023). Marketing Digitalization In Micro, Small, And Medium Enterprises (MSMES) of Pamekasan Regency In Post-Pandemic. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IJJSE), 6(1), 154–167. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/iijse.v6i1.1916
Rahman, Fadali, et al. (2021). Transformasi Bisnis Digital. 1–150.
Rahman, Fadali, & Ashari, Azis. (2020). Pengaruh pengetahuan akad mudharabah terhadap keputusan anggota untuk menabung di bmt mawaddah cabang pakong pamekasan. Investi; Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 02(02), 87–97. Retrieved from http://ejournal.alkhairat.ac.id/index.php/INVESTI // Volume. 02 No. 02, Desember 2020
Downloads
Published
Issue
Section
License
Licensing Terms
Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah use attribution-NonCommercial 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.