OPTIMALISASI PRODUK PEMBIAYAAN LASISMA DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH DI KSPPS BMT NU CABANG PASEAN

Authors

  • Abdul Bari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Author
  • Muslimah Muslimah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Qurratul A’yun Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Putri Ayu Wulandari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Yuhan Atiqah Wardah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Sitti Muhassinah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator

Keywords:

Optimalisasi, Lasisma, Nasabah, BMT NU

Abstract

BMT  NU sebagai salah satu koperasi syari’ah yang cukup mempunyai andil besar dalam membangun perekonomian masyarakat dengan berbagai produk yang di sediakan di dalamnya. Persaingan yang ketat diantara lembaga keuangan yang ada di Indonesia menuntut  BMT  NU  untuk  melakukan  pengoptimalan dalam kinerjanya, hal  ini  perlu  dilakukan  untuk  menarik  calon  anggota atau nasabah. Disamping   itu   juga, pelayanan  dan kapuasan  masyarakat  dijadikan  tumpuan utama boleh BMT NU. Tujuan  penelitian  ini  adalah  mendeskripsikan  bagaimana caranya mengoptimalkan  pemasaran  produk pembiayaan layanan berbasis jamaah  (LASISMA) ,  fungsi,  dan  wewenangnya  sebagai  lembaga  keuangan  syariah di KSPPS BMT NU cabang Pasean. Penelitian  ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan studi dokumen, wawancara, dan observasi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LASISMA (Layanan Berbasis Jamaah) merupakan layanan pembiayaan/ pinjaman tanpa jaminan dengan hanya membentuk kelompok sehingga pembiayaan tersebut bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat hususnya bagi pelaku UMKM. Produk ini merupakan produk baru yang dikeluarkan pada tahun 2017, yang sampai saat ini sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sehingga semakin bertambahnya tahun produk pembiayaan ini semakin banyak angka peminatnya

References

Fauji, D. A. S., PuspasariI, I. D., Aisyah, E. N., Rahadjeng, E. R., Saptaria, L., Rahman, Fadali, Nurjannah, D., Mahmud, Subhan, Ega S., Arisman, & Utami, Budi. (2021). Analisis Data Penelitian Manajemen: Studi Fokus Analisis Kualitatif. In Fakultas Ekonomi Universitas Nusantra PGRI Kediri. Retrieved from http://repository.unpkediri.ac.id/4307/%0Ahttp://repository.unpkediri.ac.id/4307/1/Analisis Data Penelitian Manajemen Studi Fokus Analisis Kualitatif.pdf

Nurlatipah, W.S. Rahman, F. Toha, M. (2022). Analysis of Financial Ratios on The Performance of Muamalat IndonesiaBank. Jurnal of Islamic Finance and Management, 33(1), 1–12.

Rahman, Fadali. (2017). Penggunaan Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja APBD Pemerintah Kabupaten Pamekasan Ta 2013 S/D 2015. Dinar: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 1(1), 1–15. Retrieved from https://doi.org/10.21107/dinar

Kasmir. (2015) Dasar-Dasar Perbankan Jakarta: Raja Wali Pers. 136-137

Ridwan. (2002) Manajemen Baitul Maal Wat Tamwil (BMT),Yogyakarta: UII Press.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. (2005)Manajemen Pelayanan, Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Ali, Rofi,i. (2021) Inovasi Pemasaran Produk Pembiayaan Layanan Berbasis Jamaah LASISMA di BMT NU Cabang Jambesari Darus Sholah Bondowoso,1(1), 8-20.

Wawancara. Ginang Kamila. (2023). Bagian LASISMA KSPP. Syariah BMT NU Kecamatan Pasean.

Wawancara. Lutfiki. (2023). Bagian Keuangan KSPP. Syariah BMT NU Kecamatan Pasean.

Wawancara. Ach Rida’e. (2023). Bagian Tabungan KSPP. Syariah BMT NU Kecamatan Pasean.

Kunaifi, Aang. 2016. “Optimalisasi Laboratorium Keuangan Syari’ah Dalam Meningkatkan Literasi Sivitas Akademika Terhadap Produk Iknb Syari’ah.” Cendekia : Jurnal Studi Keislaman 2(2):221–39

Kunaifi, Aang, Puji Handayati, and Mat Bahri. 2022. “Accounting of Refinancing and Take Over for Murabahah Contract.” Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE) 5(1):108–20. doi: 10.31538/iijse.v5i1.1490.

Downloads

Published

2024-02-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

OPTIMALISASI PRODUK PEMBIAYAAN LASISMA DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH DI KSPPS BMT NU CABANG PASEAN. (2024). Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(2), 191-197. https://journal.al-khairat.ac.id/index.php/prospek/article/view/46

Similar Articles

31-38 of 38

You may also start an advanced similarity search for this article.