ANALISIS FAKTOR LOYALITAS NASABAH PADA TABUNGAN MUDHARABAH DI KSPPS BTM SANG SURYA PAMEKASAN

Authors

  • Risca Dwiaryanti IAI Al-Khairat Pamekasan Author
  • Ali Wahyudi Author
  • Andriyansyah Andriyansyah Author
  • M Dofir Author
  • Bahrul Ulum Author
  • Moh Arifin Author
  • Abd Ghafur Author

Keywords:

Loyalitas, Mudharabah, Nasabah

Abstract

Semakin banyaknya pesaing dalam menguasai pasar, sebuah institut atau lembaga usaha dipaksa untuk membentuk strategi terbaik mereka untuk menarik para konsumen. Begitu pula dengan lembaga keuangan syari’ah. Setelah mendapatkan beberapa nasabah, langkah selanjutnya adalah bagaimana nasabah tersebut tetap setia pada lembaga keuangan digunakan mempertahankan jumlah nasabah agar tidak berpaling pada pesaing. Hal inilah yang disebut dengan loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen  memberikan keuntungan yang sangat besar pada suatu perusahaan. Selain mempertahankan konsumen yang ada, dapat juga mempermudah dalam mendapatkan konsumen baru. Loyalitas bisa didapatkan jika pelanggan merasa puas dengan segala hal yang ditawarkan oleh perusahaan.   Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan mendapatkan melalui obeservasi  dan wawancara langsung pada nasabah mudharabah di KSPPS BTM SANG SURYA PAMEKASAN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling banyak menjadi penyebab terbentuknya loyalitas konsumen pada produk tabunga nmudharabah di KSPPS BTM SANG SURYA PAMEKASAN adalah legalitas koperasi, dan kualitas pelayanan.

References

Abd al-Rahman al-Jaziri (2004), Al-Fiqh alâ al-Madzâhib al-Arba’ah, Kairo : DâralHadîts

Abdurrakhim&masrukhin (2009). Terjemahan Fiqh Sunnah. Jakarta: Cakrawala Publishing

Abidin, Ibn (2000). Hasyiyah Rad al-Mukhtâr ‘alâ al-Dar al-MukhtârSyarhTanwîralAbshâr Fiqh AbûHanifah, Beirût : Dâr al Fikr.

Al Kattani, Abdul Hayyie (2011). Terjemah Fikih Islam wa Adillatuhu, Jakarta: Gema Insani.

Atmaja, J. (2018). Kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas pada bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49-63.

CN Andiyansari. (2020) Akad Mudharabah Dalam Prespektif Fikih dan Perbankan Syariah. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 3(2) 42-54.

CucuSumartini, L., &FajrianyArdiningTias, D. (2019). AnalisisKepuasanKonsumenUntukMeningkatkan Volume PenjualanKedai Kopi Kala Senja. JurnalEBis (Ekonomi Bisnis), 3(2), 111-118

Komariyah, Nuru;, and Aang Kunaifi. 2020. ”Pengaruh Pendayagunaan Zakat, Infaq Dan Shadaqah Produktif Terhadap Pengurangan Angka Kemiskinan (Studi Pada LAZIS Muhammadiyah Pamekasan)”. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman 6(2):149–65

Mardani, Fiqh ekonomi Syariah: Fiqh Muamalah, Jakarta: Kencana, 2013.

Maruta, H. (2016). AkadMudharabah, Musyarakah, Dan Murabahah Serta AplikasinyaDalam Masyarakat. IQTISHADUNA: JurnalIlmiah Ekonomi Kita, 5(2), 80-106.

Mashuri, M. (2016). Peran Baitul Maal WaTamwil (BMT) DalamUpayaPemberdayaan Ekonomi Masyarakat. IQTISHADUNA: JurnalIlmiah Ekonomi Kita, 5(2), 114123.

Mubayyanah, Aang Kunaifi, Fadali Rahman, Abd Rosyid. 2020. “RAGAM MENU, HARGA, DAN LOKASI : PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN RESTORAN?”Masyrif: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen 1(1):148–74. doi: http://dx.doi.org/10.28944/masyrif.v1i1.220

Mursid, F. (2020). Kajian Fatwa Dewan Syariah Nasional Tentang

Mudharabah. Tawazun: Journal of Sharia Economic Law P-ISSN, 2655-9021.

Nurhasanah, Neneng (2015), Mudharabah, RefikaAditama: Bandung.

Rahman, F, Sudarmiatin, Hermawan, A. (2023). Marketing Digitalization In Micro, Small, And Medium Enterprises (MSMES) of Pamekasan Regency In Post-Pandemic. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IJJSE), 6(1), 154–167. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/iijse.v6i1.1916

Rahman, Fadali, et al. (2021). Manajemen umkm dan kewirausahaan Tinjauan Teori dan Review Riset.

Rahman, Fadali, & Ashari, Azis. (2020). Pengaruh pengetahuan akad mudharabah terhadap keputusan anggota untuk menabung di bmt mawaddah cabang pakong pamekasan. Investi; Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 02(02), 87–97. Retrieved from http://ejournal.alkhairat.ac.id/index.php/INVESTI // Volume. 02 No. 02, Desember 2020

Samsudin, S. (2019). AnalisisLoyalitasPelanggan Di Pt NutrifoodKotamadya Bogor. TransparansiJurnalIlmiahIlmuAdministrasi, 1(2), 179

Satria, B. (2017). Implementasi Strategi CRM DalamMempertahankanLoyalitasPelanggan Pada Pengusaha Retail BahanBangunan (StudiKasus: Setu, Bekasi). JABE (Journal of Applied Business and Economic), 1(3), 160-165.

Sofiati, I., Qomariah, N., &Hermawan, H. (2018). Dampak kualitas pelayanan konsumen. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2).

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(1), 11-25.

Srisusilawati, P., & Eprianti, N. (2017). Penerapan prinsip keadilan dalam akad mudharabah di lembaga keuangan syariah. Law and Justice, 2(1), 12-23.

Downloads

Published

2023-05-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS FAKTOR LOYALITAS NASABAH PADA TABUNGAN MUDHARABAH DI KSPPS BTM SANG SURYA PAMEKASAN. (2023). Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 61-69. https://journal.al-khairat.ac.id/index.php/prospek/article/view/18

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

21-26 of 26

You may also start an advanced similarity search for this article.