SISTEM E-KLAIM DAN E-SUBROGASI TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA DI PERUM JAMKRINDO

Authors

  • Aang Kunaifi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Author
  • Lailatus Syarifah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Iradatul Hasanah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Siti Nur Halisa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Siti Komariyeh Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator

Keywords:

Jamkrindo, e-klaim, e-subrogasi, penjaminan, UMKM

Abstract

PT Jamkrindo merupakan perusahaan penjamin terbesar di Indonesia. Sebagai perusahaan penjaminan kredit, Jamkrindo memiliki berbagai produk, baik produk penjaminan program maupun penjaminan nonprogram. Pada penjaminan program, PT Jamkrindo memiliki produk penjaminan KUR dan penjaminan UMKMK dalam rangka PEN. Tujuan akhir dengan di adakannya PLKBI ini untuk memperluas dan menambah wawasan bagi kami tentang perusahaan penjaminan seperti dalam proses penjaminan dan proses Klaim dan Subrogasi. Penelitian dilakukan pada PT JAMKRINDO KUP PAMEKASAN, yang berlokasi di Jln jokotole pamekasan. Jamkrindo merupakan bagian dari Indonesia financial group yang berbisnis di bidang penjaminan kredit. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah sistem e-klaim dan e-subrogasi terhadap efektifitas kerja di perum jamkrindo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sistem wawancara. Dari hasil wawancara terhadap e-klaim dan e-subrogasi pada PT JAMKRINDO, kami dapat menyimpulkan bahwa  Proses klaim dan subrogasi berjalan beriringan dan melengkapi satu sama lain. Terhambatnya proses persetujuan klaim akibat pemenuhan kekurangan berkas klaim dapat menghambat proses penagihan subrogasi. Dengan layanan penjaminan yang di berikan jamkrindo, kami harapkan dapat memperkokoh perekonomian nasional,khususnya bagi penguatan perekonomian di sektor UMKM dan koperasi.

References

Company profile.2022”profil perusahaan PT JAMINAN KREDIT INDONESIA”, https://www.jamkrindo.co.id/uploads/dokumen/1663496973_COMPANY%20PROFILE%202022_web.pdf, di akses pada 15 februari 2022 jam 08:30.

Dharmawan, H. (2017). Peran E-Claim dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah Asuransi. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 10(1), 18-29. http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/MTT/article/view/709

Fadali Rahman1, Nor Azizah2, Nor Kamiliya3. (2022). Analisis Rasio Penjaminan Kredit Usaha Rakyat Pada PT. Jamkrindo Pamekasan Di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiyah Syariah, 2(September), 1–11.

KBBI online.2022”istilah-istilah asuransi”, https://www.manulife.co.id/id/artikel/istilah-istilah-asuransi-yang-perlu-kamu-pahami.html, di akses pada 15 februari jam 08:55

Kunaifi, Aang, dan Lailatul Qomariyah. 2021. “Developing Company Images Through Spiritual Public Relations Facing Covid-19 Outbreak.” Jurnal Iqtisaduna 1(1):13. doi: 10.24252/iqtisaduna.v1i1.15808.

Kunaifi, Aang, dan Nur Syam. 2021. “Business Communication in Developing the Halal Tourism Industry.” Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE) 4(1):1–17. doi: 10.31538/iijse.v4i1.1305

Line of bussines,2022”jamkrindo”, https://www.jamkrindo.co.id/, di akses pada 01 maret 2023 jam 10:45.

M khairul.2023”penerapan e-klaim dan e-subrogasi dalam operasional”.hasil wawancara pribadi, februari 2023, PT Jamkrindo KUP Pamekasan.

Nurhadi, A. (2018). E-Claim in Insurance Industry. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(9), 43-46. https://www.ijstr.org/final-print/sep2018/E-Claim-In-Insurance-Industry.pdf

Octavia, A. (2020). The Urgency of E-Claim in the Insurance Industry. Journal of Economics and Business, 3(2), 166-171. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jeb/article/view/32560

Prasetyo, F.2019”analysis of e-claim service on insureance companies in indonesia”.international journal of research business and social science, hal 60-71.

Rosyid, Abd, Aang Kunaifi, dan Qaiyim Asy’ari. 2021. “Corporate Spiritual Leadership: Model Kepemimpinan Bisnis Era Milenial Dalam Menciptakan Great Corporate.” Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi 4(1):85–93. doi: https://doi.org/10.31334/transparansi.v4i1.1609.g816.

Rudiawan, A.2019”e-claim and e-subrogation: a study on their implementation in insurance industry”.international journal of innovation, creativity and change, hal 163-174.

Yanti, A., & Susanti, E. (2019). The Importance of E-Claim and E-Subrogation in the Insurance Industry. Journal of Insurance and Financial Management, 4(1), 1-7. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JIFM/article/view/44

Downloads

Published

2024-02-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

SISTEM E-KLAIM DAN E-SUBROGASI TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA DI PERUM JAMKRINDO. (2024). Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(2), 166-174. http://journal.al-khairat.ac.id/index.php/prospek/article/view/42