PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN (EXTROVERT/INTROVERT) TERHADAP MINAT BERORGANISASI MAHASISWA

Authors

  • Dian Juliarti Bantam Universitas Jendral Achmad Yani Yogyakarta Author
  • Hardika Dewi Augustin Universitas Jendral Achmad Yani Yogyakarta Author
  • Auly Vera Hani Nugroho Universitas Jendral Achmad Yani Yogyakarta Author
  • Qori Aisyabella Universitas Jendral Achmad Yani Yogyakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.32806/a1cvdz20

Keywords:

Tipe Kepribadian, Minat Berorganisasi, Ektrovert, Introvert

Abstract

Tipe kepribadian seringkali disangkut pautkan dengan bagaimana individu berinteraksi dengan lingkungannya, introvert yang seringkali dianggap kurang bisa bergaul dan ekstrovert yang seringkali dianggap lebih aktif pada kegiatan-kegiatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tipe kepribadian ektrovert dan introvert mempengaruhi minat berorganisi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif korelasional dengan partisipan sebanyak 43 mahasiswa. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang menunjukkan kepribadian ekstrovert dan introvert. Artinya baik mahasiswa yang introvert maupun ekstrovert tidak memiliki korelasi yang kuat dengan minatnya dalam berorganisasi, terbukti dari perhitungan uji korelasi spearman, srho yang telah dilakukan. Beberapa rekomendasi hasil penelitian; pertama, institusi pendidikan dapat mengadopsi pendekatan individualis dalam kegiatan organisasi dengan memberikan mahasiswa kebebabasan untuk mengekplorasi kemampuannya. Kedua, institusi pendidikan harus melakukan langkah penyadaran tentang keragama tipe kepribadian sehingga lingkungan pendidikan lebih inklusif.

References

Bantam, D. J. (2020). Survei Pilihan Karir Ditinjau dari Profil Kepribadian DISC Pada Calon Karyawan PT. X Indonesia Career Choice Survey viewed by the DISC Personality Profile on Prospective Employees of PT. X Indonesia dan kemajuan yang diterima oleh individu permasalahan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 1(1), 277–291.

Dedi, H. (2010). Perbedaan Aspek Yang Mempengaruhi Minat Berorganisasi Antar Kepribadian Tipe A Dan Tipe B Anggota Komunitas Mahasiswa Universitas Islam Negeri Jakarta.

Erawati, D. (2022). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Minat Berorganisasi Mahasiswa IAIN Palangka Raya. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 9(1), 40–51.

Fatmayanti, N., Sukiatni, D. S., & Kusumandari, R. (2022). Tingkat stres pada mahasiswa: Berbedakah antara mahasiswa dengan kepribadian introvert dan ekstrovert? INNER: Journal of Psychological Research, 2(3), 232–239.

Handayani, M. (2020). Perbedaan Minat Berorganisasi ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Lestari, R. H. S. (2021). Hubungan Antara Kepribadian Introvert dengan Kurangnya Kepercayaan Diri pada Mahasiswa Unira yang Aktif di Organisasi ekstra HMI. Media Bina Ilmiah, 16(3), 6527–6534.

Munawaroh, S., & Syukriah, D. (2024). Hubungan Privacy Concern dan Tipe Kepribadian Introvert Terhadap Self-disclosure Pada Pengguna Second Account Intagram di Kelas X SMAN 18 Kota Bekasi. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(1), 29–37.

Nasari, F., & Darma, S. (2013). Penerapan k-means clustering pada data penerimaan mahasiswa baru (studi kasus: universitas potensi utama). Semnasteknomedia Online, 3(1), 1–2.

Pahmiah, P., Mubarak, M., & Fadhila, M. (2021). Perbedaan Perilaku Asertif Ditinjau dari Tipe Kepribadian Menurut Carl Gustav Jung (Studi Komparatif Pada Mahasiswa Organisator Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin). Jurnal Al-Husna, 2(1), 64–82.

Rozi, F. (n.d.). Hubungan Self Confidence dan Academic Burnout Mahasiswa Pendidikan Kimia terhadap Hasil Belajar Kimia Dasar Pasca Pandemi COVID-19. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta.

Subtinanda, A., & Yuliana, N. (2023). Kepribadian Ekstrovert dan Introvert dalam Konteks Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTIRTA. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(2), 15.

Sugiyono. (2019). Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Alfabeta, Ed.). Bandung.

Downloads

Published

2024-04-24

Issue

Section

Articles