PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WALL CHART  TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH

Authors

  • Sunarni Sunarni STAI Panca Wahana Bangil Author

DOI:

https://doi.org/10.32806/tmv18f86

Keywords:

Media; wallchart; prestasi belajar

Abstract

Wall chart merupakan  bahan cetak yang menunjukkan suatu lokasi, biasanya berupa diagram atau diagram siklus proses. Supaya Wall chart terlihat lebih menarik untuk siswa ataupun guru, hingga Wall chart di desain dengan memakai tata warna serta pengaturan proporsi yang baik. Tujuan dalam peneltian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media wall chart pada prestasi siswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya penggunaan media wall chart terhadap peningkata prestasi siswa pada mata pelajaran fikih. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan Ada pengaruh media wall chart Terhadap Peningkatanprstasi belajar , hal ini berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari responden dengan metode angket dengan mengaplikasikannya ke dalam rumus korelasi product moment dan  Media wall chart berpengaruh besar terhadap prestasi belajar, hal ini berdasarkan hasil analisis data setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai r yang menyatakan nilai r kerja yaitu 0,751 berada pada rentang 0,600 sampai dengan 0,800 dengan interpretasi tinggi

References

Al-Bahrani, A., Patel, D., & Sheridan, B. (2015). Engaging students using social media: The students’ perspective. International Review of Economics Education, 19, 36–50.

Anna, S., & Suparman, S. (2018). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Mengunakan Media Wall Chart (Bagan Dinding) Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 2(2).

Dari, S. W., & Megaiswari, M. (2019). Effectiveness of Flip Chart Media in Increasing Abilities of Wudhu for Mild Mental Retardation Children. EDUCATIO: Journal of Education, 4(2), 200–206.

Galma, V., & Wartining, A. (2016). Peningkatan menulis karangan argumentasi menggunakan media wall chart siswa kelas X SMK LKIA Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(1).

Gao, T. (2003). The effects of different levels of interaction on the achievement and motivational perceptions of college students in a web-based learning environment. Journal of Interactive Learning Research, 14(4), 367–386.

Hosna, K., & Mardiyana, I. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kayanya Negeriku Berbasis Multimedia Interaktif di Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah, 184–194.

Husna, M., Nurhayati, N., & Saripudin, A. (2019). Pengaruh Media Wall Chart Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Indralaya Selatan. Sriwijaya University.

Maksum, A. (2017). Penerapan Strategi Double Entry Journal Dengan Media Wall Chart Dalam Pembelajaran Memproduksi Teks Cerita Pendek (Penelitian Ekperimen Kuasi terhadap Siswa Kelas XI SMAN 9 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018). FKIP Unpas.

Mautone, P. D., & Mayer, R. E. (2001). Signaling as a cognitive guide in multimedia learning. Journal of Educational Psychology, 93(2), 377.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.

Muzayyanna Zatulifa, M. Z., Riswandi, R., Fitriawan, H., & Akla, A. (2018). Application Based Android as A Development Of English Learning Media. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 8(4), 66–72.

Niemi, H., Nevgi, A., & Virtanen, P. ivi. (2003). Towards self-regulation in web-based learning. Journal of Educational Media, 28(1), 49–71.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588–596.

Patria, L., Sudarsono, S., & Rosnija, E. (2020). The Use Of Wall Charts As Media To Teach Vocabulary. Journal of English Educational Study (JEES), 3(2), 169–177.

Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Permanasari, L. (2012). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis web terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Kependidikan, 42(2).

Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1–16.

Simanjuntak, R. A. M. (2015). Efektivitas Media Wall Chart Dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Perancis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sri, A. (2008). Media pembelajaran. Surakarta: UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret.

Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh media pembelajaran terhadap mutu pembelajaran pada sekolah dasar terakreditasi A. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 183–190.

Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2 (1), 71–81.

Uma, E. R. A., Makaborang, Y., & Ndjoeroemana, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX pada Konsep Perkembangbiakan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 2(1), 9–16.

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles