KHURUJ FISABILILLAH PENDEKATAN BARU UNTUK PEMBINAAN KARAKTER PELAJAR

Authors

  • Ikrom Shaliadi STAI Al-Mujtama’ Pamekasan Author
  • Ahmad Andry Budianto IAI Al-Khairat Pamekasan Author

DOI:

https://doi.org/10.32806/h9hpw136

Keywords:

Khuruj fi sabilillah; Pendekatan baru; karakter; pelajar

Abstract

Tulisan ini menyajikan konsep Jama’ Tabligh yang terkontruksi dalam kegiatan khuruj fisabiillah yang memberikan kontribusi berharga bagi keberhasilan pembinaan akhlak bagi peserta didik di MA. Mansyaul Ulum. Hal ini juga menawarkan paradigma yang berbeda dalam mengembangkan konsep pembangunan karakter di lembaga pendidikan. Artikel ini terinspirasi dari kurang efektifnya pembelajaran karakter di berbagai lembaga pendidikan formal. Dengan demikian, sekolah yang berhasil menanamkan pendidikan karakter dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan pendidikan karakter. Kajian ini berfokus pada model pendidikan karakter yang dikembangkan oleh MA. Mansyaul Ulum dan menawarkan perspektif alternatif pengembangan pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini mengadopsi pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan desain fenoemnologis. Kajian menunjukkan bahwa model pendidikan karakter di MA. Mansyaul Ulum melalui khuruj fisabiillah menjadi alternatif pengembangan pendidikan karakter. Beberapa temuan penelitian ini adalah: pertama JT melakukan inovasi terhadap pembentukan karakter dikalangan pelajar dengan menggunakan pendekatan yang dikembangkan oleh pemahaman Muhammad Ilyas Al-Kandahlawi terhadap anjuran amar ma’ruf nahi mungkar; kedua, untuk menghilangkan sifat individualis dan hidones pelajar, JT menekankan pada pentingnya hidup zuhud; ketiga, secara praktis konsep pendidikan yang ditawarkan JT dengan pendekatan tarekat mampu melahirkan sikap loyalitas dan militansi terhadap pelajar, sehingga mampu melahirkan keinginan untuk menjalankan anjuran agama

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles