IMPLEMETASI FULL DAY SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN MORAL SISWA SMP PLUS NURUL HIKMAH PAMEKASAN
DOI:
https://doi.org/10.32806/xtprqs59Abstract
Penelitian ini akan menelaah penerapan Full day school di SMP Plus Al-Hikmah Pamekasan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Beberapa temuan dalam penelitian ini adalah pertama, kebijakan full day school diharapkan menjadi langkah untuk mencapai visi lembaga yakni strong bielief, good personality. Kebijakan ini berdampak dalam tataran pelaksanaan kurikulum yang menggunakan integrated kurikulum. Selaian itu, penerapan full day school diharapakan peserta didik lebih banyak menghabiskan waktu dengan kegitan sekolah. Sedangkan Pembentukan kecerdasan moral spiritual siswa-siswi SMP Plus Nurul Hikmah dilakukan berdasarkan pola penyelenggaraan pendidikan berbasis pada school base management. Pengembangkan mutu pendidikan berlandaskan nilai-nilai spiri-tual (agama), terlihat dalam pola dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam membina semua unsur yang ada di sekolah yang selalu mene-kankan aspek utama dalam kehidupan yaitu keyakinan keagamaan yang kuat, sehingga setiap perilaku warga sekolah memiliki budaya hidup sikap kerja yang tidak mendedikasikannya kepada kepentingan material tetapi mendedikasikannya kepada Tuhan, dengan demikian tidak memi-kirkan apa yang didapatkan dari pekerjaan tersebut, tetapi sejauhmana pekerjan tersebut bernilai sebagai amal baik untuk Tuhan, lingkungan dan dirinya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 CC Attribution-ShareAlike 4.0
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.