PENGEMBANGAN UMKM KULINER DI ERA DIGITAL: PERAN INOVASI DAN JARINGAN BISNIS DI KOTA SAMPANG
DOI:
https://doi.org/10.32806/syfdep09623Keywords:
Pengembangan UMKM; Era digital; Inovasi.Abstract
Perkembangan bisnis dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh jaringan bisnis dan inovasi produk terhadap pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah di sektor kuliner. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Populasi adalah UMKM kuliner di Kota Sampang, khususnya di Banyuanyar dengan sampel sebanyak 30 UMKM yang diambil menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling dan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaringan bisnis dan inovasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah di sektor kuliner. Peneliti menyarankan agar UMKM selalu meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperluas jaringan bisnis, meningkatkan inovasi produk, dan meningkatkan daya saing agar UMKM dapat terus berkembang di tengah persaingan saat ini.
References
Agusetyaningrum, V., Mawardi, M. K., & Pangestuti, E. (2016). Strategi pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk meningkatkan citra Kota Malang sebagai destinasi wisata kuliner (Studi pada UKM berbasis kuliner Kota Malang). Brawijaya University.
Anggraini, R. (2021). PENGARUH JARINGAN USAHA, INOVASI PRODUK DAN PERSAINGAN USAHA TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KABUPATEN BOVEN DIGOEL= Effect Of Business Network, Product Innovation And Business Competition On Development Of Middle Small Businesses In Boven Digoel Regency (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).
Bahri, S., Khoiruddin, K., Amiruddin, A., Asman, P., Yaqin, A., & Kholil, M. (2023). IMPLEMENTASI DIGITAL CORPORATE CULTURE “EXPRESSI” DI BANK JATIM SYARIAH CAPEM SAMPANG. Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), 39-48.
Hamdam, H. (2020). INOVASI PELAYANAN PUBLIK UNIT PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK DAN PENCATATAN SIPIL KELILING (UP3SK) DI KABUPATEN PINRANG (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Hendriyanto, A. (2015). Analisis pengaruh jaringan usaha dan inovasi terhadap kinerja UMKM. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 6(1), 44-49.
Hendriyanto, A. (2015). Analisis pengaruh jaringan usaha dan inovasi terhadap kinerja UMKM. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 6(1), 44-49.
Indah, D. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Barang PT. Citra Van Titipan Kilat Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(1), 1-8.
Latif, H. F., Pangkey, J. M. T., Handayani, D., & Sarumaha, N. (2022). Digitalisasi sebagai Fasilitas dan Tantangan Modernisasi Pelayanan Penggembalaan di Era Pasca-Pandemi: Refleksi Teologi Kisah Para Rasul 20: 28. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 4(2), 296-311.
Maidiana, M. (2021). Penelitian survey. ALACRITY: Journal of Education, 20-29.
Nawawi, S., Mufti, R. M., & Mega, A. A. A. (2021). Pengaruh Strategi, Inovasi dan Pengembangan UMKM Pada Bidang Kuliner Di Kota Bandung Pada Masa Covid-19. International Journal Administration Business & Organization, 2(3), 23-30.
Parahita, W. D. (2018). Model Keunggulan Positional Pada UMKM (Studi Empiris pada Usaha, Kecil, Menengah di Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi UNISSULA).
Prabatmodjo, H. (1996). Pengembangan Jaringan Usaha Bagi Usaha Kecil Dan Menengah Dalam Rangka Menghadapi Integrasi Ekonomi Global. BAHASAN UTAMA.
Purwanto, A. (2011). Pengaruh tipe industri, ukuran perusahaan, profitabilitas, terhadap corporate social responsibility. Jurnal Akuntansi dan Auditing, 8(1), 12-29.
Raysharie, P. I., Rianti, A., Rahmawati, A., Tarigan, H. B., Lestari, I. A., Sofian, I. R., ... & Tarigan, M. G. (2023). Tranfromasi Pekembangan UMKM: Studi Pengaruh Inovasi Produk, Jaringan Usaha dan Persaingan Usaha. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya dan Pendidikan, 1(2), 57-64.
Rizkia, A. A., & Rahmawati, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Anti Monopoli Dan Persaiangan Bisnis Tidak Sehat: Globalisasi Ekonomi, Persaingan Usaha, Dan Pelaku Usaha.(Literature Review Etika). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 631-643.
Sari, D. E. (2018). Pengaruh Innovation dan Service Quality terhadap Customer Satisfaction melalui Customer Trust. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(9), 107-117.
Setiawardani, M. (2022). Peran Inovasi Dalam Membangun Keunggulan Bersaing Sektor UMKM Bidang Kuliner Pascadisrupsi Akibat Pandemi Covid 19 Di Kota Bandung. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 8(1), 25-38.
Siswadi, Y., Mukhlis, M., Tarigan, A. A., & Yafiz, M. (2022). Konsep Budaya Organisasi dalam Perspektif Manajemen Menurut Peter F Drucker dan A. Riawan Amin. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(2), 238-261.
Tuder, R. M., Cool, C. D., Geraci, M. W., Wang, J. U. N., Abman, S. H., Wright, L., ... & Voelkel, N. F. (1999). Prostacyclin synthase expression is decreased in lungs from patients with severe pulmonary hypertension. American journal of respiratory and critical care medicine, 159(6), 1925-1932.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Laily Nur Aini (Author); Fuji Santoso, Elvin Nury Khirdany (Translator)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Licensing Terms
Currency: Journal of Sharia Economics and Banking use attribution-NonCommercial 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.