STRATEGI MARKETING  DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING KOPERASI DI BMT SIDOGIRI CAPEM WARU

Authors

  • Abdul Kadir IAI Al-khairat Pamekasan Author
  • Aang Kunaifi IAI Al-khairat Pamekasan Translator
  • Zainuddin Zainuddin IAI Al-khairat Pamekasan Translator

DOI:

https://doi.org/10.32806/tpqfj628

Keywords:

Strategi Marketing; Meningkatkan Daya Saing; BMT Sidogiri.

Abstract

Strategi adalah langkah-langkah yang harus dijalankan perusahaan untuk mencapai tujuan. Kadang-kadang langkah yang harus dihadapi terjal dan berliku-liku, namun ada pula langkah yang relatif mudah. Strategi markerketing yang dilakukan oleh BMT ini dengan cara jemput bola serta melakukan pendekatan-pendekatan atau terjun langsung kepada masarakat seperti orang-orang pasar khususnya pasar Waru. Dengan niat mejalin silaturrahim  dengan mereka supaya mudah untuk melakukan transaksi setor dan tarik tunai. Peningkatan Daya Saing yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri Capem Waru Pamekasan ini sudah memiliki kemampuan untuk menunjukkan hasil yang lebih baik, lebih cepat dan lebih bermakna. kemampuan menegakkan posisi yang menguntungkan dan sudah sesuai dengan prinsip maqashid syariah dimana dalam mempromosikan produk dan jasanya BMT ini bersaing secara sehat tidak pernah memberikan informasi yang dapat menjatuhkan pesaing serta menerapkan prinsip bisnis syariah yang diajarkan Rasulullah SAW yaitu baik, cerdas, transparan, komunikatif, rendah hati, jujur, dan dapat dipercaya serta memberikan pelayanan yang terbaik.

References

Assauri Sofjan, Manajemen Marketing. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Camelia Praestuti, “Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen”,Jurnal Cendekia, Volume 10, Nomor 01 (2020), 22.

Daryanto, Manajemen Marketing, Cet. I,. Bandung: Satu Nusa, 2011.

Djoko Muljono, Buku Pintar Strategi Bisnis Koperasi Simpan Pinjam, (Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2012), hal. 24-25.

Henry Simamora, Manajemen Pemasaran Internasional Jilid 2 Edisi 2. (Jakarta: Pt Rineka Cipta, 2007), hal. 479.

Ita Nurcholifah,” Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah”, Jurnal Cendekia, Volume 04 Nomor 1 (Maret 2014), 75.

Kasmir, Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Micel A Porter, Competitive Advantage, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia, 2001.

Muhamad Subhan, “Strategi Marketing Syari’ah Pada BMT Al-Amanah Dalam Meningkatkan Modal Dan Penyaluran Pembiayaan ”, Jurnal Cendekia, Volume 02, Nomor 01, 100.

Musa Hubeis Dan Mukhamad Najib, Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jakarta: Elex Media Kompitindo, 2015.

M. Fuad, Dkk, Pengantar Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Mudrajad Kuncoro, Ekonomika Industri Indonesia Menuju Negara Industri Baru 2030. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007.

Patah Abdul Syukur Dan Fahmi Syahbudin,“Konsep Marketing Mix Syariah”, Jurnal Cendekia, Volume 05, Nomor 01(April 2017)76,

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses.

Rahmana Arief, “Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah”, Jurnal Cendekia, (Juni 2009), 13

R. Fajar Salim, “Strategi Penguatan Daya Saing Ukm Di Kota Sukabumi Dalam Menghadapi Mea2015”, Jurnal Cendekia, (2015), 85.

Rahadyan Tajuddien Dan Arief Budi Santoso, “Pengembangan Strategi Berorientasi Pasar Dan Peningkatan Daya Saing UKM Dalam Menghadapi Aec Di Kota Tangerang Selatan”, Jurnal Cendekia, Volume 06, Nomor 01(Maret 2019), 47.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cet ke- 26, 2017.

Downloads

Published

2022-10-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI MARKETING  DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING KOPERASI DI BMT SIDOGIRI CAPEM WARU. (2022). Currency: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 1(1), 79-88. https://doi.org/10.32806/tpqfj628