IMPLEMENTASI AKAD WADIAH PADA PRODUK TABUNGAN EASY WADIAH DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP SAMPANG

Authors

  • Moh. Ramin Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Author
  • Wakiah Wakiah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Kiptiyah Kiptiyah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator

Keywords:

Implementasi, Akad Wadiah, Tabungan Easy Wadiah

Abstract

Bank Syariah Indonesia adalah salah satu Bank yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah yang menawarkan produk penghimpunan dan penyaluran dana, salah satunya adalah produk tabungan  Easy Wadiah merupakan salah satu produk yangbanyak di minati nasabah.Easy Wadiah adalah produk tabungan dalam bentuk menyimpan uang seorang nasabah dengan prinsip Wadiah Yad dhamanahdimana uang yang disimpan dapat di tarik dan disetorsetiap saat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Akad Wadiah Yad Dhamanah Pada Produk Tabungan Easy Wadiah Dalam Menarik Minat Nasabah Di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Sampang. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif,dengan cara melakukan studi dokumentatif dan wawancara langsung dengan Costumer Service,dan 3 orang nasabah BSI KCP Sampang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, yang Pertama: bahwa implementasi akad Wadiah Pada tabungan Easy Wadiah di BSI KCP Sampang Telah diterapkan secara menyeluruh dan dilaksanakan dengan baik sesuai dengan ketentuan syariah ajaran Islam yang berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadis, serta ketentuan Fatwa DSN No. 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang tabungan yang menggunakan akad Wadiah Yad Dhamanah dalam implementasi produknya. Kedua: hasil analisis SWOT tabungan Easy Wadiah, memperoleh strategi yang cocok untuk diimplementasikan yaitu strategi S-O (strengths-opportunities), yang artinya strategi yang dilakukan dengan cara menggunakan seluruh kekuatan yang berasal dari dalam perusahaan untuk meraih peluang. Strategi S-O yang dapat dilakukan oleh BSI KCP Sampang diantaranya melakukan upaya peningkatan SDM di bidang pemasaran produk, meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah, memberikan akses kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah dalam bertransaksi.

References

Abdullah, A., Susanti, S., & Ambiya, N. (2023). Penyuluhan Terapi Aktivitas Kelompok Stimulasi Persepsi: Halusinasi dengan Menghardik di Klinik Kesehatan Mental Avicena Makassar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gunung Sari, 1(3).

Afifudin, A. N. (2009). Pengaruh pemberian ekstrak etanol temulawak (curcuma xanthorrhiza roxb.) pada aktivitas dan kapasitas fagositosis makrofag peritoneal ayam petelur (gallus sp.).

Alhusain, A. S. (2021). Bank Syariah Indonesia: Challenges and Strategies in Encouraging the National Economy. Economics and Public Policy, 13.

Antonio, M. S. I. (2001). Bank Syariah: dari teori ke praktik. Gema Insani.

Arief, Y., Fauji, M. R., Arifin, R. F., & Hidayat, B. (2021). A Community Intervention In Covid-19 Pandemic: Occupational Health And Safety For Moslem Online Transportation. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 7(2), 161-168.

Desy, R. A. (2021). Implementasi akad wadiah pada tabungan iB hijrah haji di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Kantor Cabang Pembantu Panyabungan (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Erwanto, Y., Sugiyono, S., Rohman, A., Abidin, M. Z., & Ariyani, D. (2012). Identifikasi daging babi menggunakan metode pcr-rflp gen Cytochrome b dan pcr primer spesifik gen amelogenin. Agritech, 32(4).

Gunawan, C. (2020). Mahir menguasai SPSS panduan praktis mengolah data penelitian new edition buku untuk orang yang (merasa) tidak bisa dan tidak suka statistika. Deepublish.

Hidayat, H., Sukmawarti, S., & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823-e14910312823.

Karim, A. A. (2007). Ekonomi Makro Islami Edisi Kedua.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Nurmasita, A. (2020). Implementasi Akad Wadiah dalam Produk Giro di BTN Syariah Parepare (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Oki, A. S., Sunariani, J., Irmawati, A., & Luthfi, M. (2020). DENTAL STUDENTS’PERCEPTION OF ONLINE LECTURE USING VIDEO CONFERENCING. Sys Rev Pharm, 11(12), 245-248.

Rahman, A. U., Karmakar, P. K., Jabeen, S., Nabi, S., Khan, A. M., Shahriar, S., ... & Azam, S. A. (2019). Association of vitamin D level with severity of angiographically documented coronary artery disease: Observations from Bangladeshi patients. Journal of Cardiovascular Disease Research, 10(2).

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206-217.

Valencia, A. (2018). Analisis Penerapan Akuntansi Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Mall Wat-Tamwil (BMT) Djami’Rengat (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Widayatsari, A. (2013). Akad wadiah dan mudharabah dalam penghimpunan dana pihak ketiga bank syariah. Economic: Journal of Economic and Islamic Law, 3(1), 1-21.

Wiroso, S. E. (2005). Penghimp. Dana&Distr. Hsl Ush Bank Syariah. Grasindo.

Downloads

Published

2024-02-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI AKAD WADIAH PADA PRODUK TABUNGAN EASY WADIAH DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP SAMPANG. (2024). Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(2), 246-257. http://journal.al-khairat.ac.id/index.php/prospek/article/view/41

Similar Articles

21-28 of 28

You may also start an advanced similarity search for this article.