ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH MENGGUNAKAN MODEL CARTER DI BPRS BHAKTI SUMEKAR CABANG TLANAKAN

Authors

  • taufik Aris Saputra IAI Al-Khairat Pamekasan Author
  • Mujibur Rohman IAI Al-Khairat Pamekasan Author
  • Mohammad Kholili IAI Al-Khairat Pamekasan Author
  • Hoirul Umam IAI Al-Khairat Pamekasan Author

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Dimensi CARTER, Bank Syariah, Kepuasan Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan bukti empiris mengenai pengaruh variabel CARTER secara parsial dan simultan terhadap kepuasan nasabah pada BPRS Bhakti Sumekar Cabang Tlanakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas pelayanan compliance memperoleh nilai sig 0,013, assurance 0,34, reliability 0,010, tangible 0,49, empathy 0,001, dan responsiveness 0,07 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kualitas pelayanan compliance, assurance, reliability, tangible, empathy, dan responsiveness secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Implikasi penelitian ini adalah berfokus pada compliance, assurance, reliability, tangible, empathy, dan responsiveness yang dapat mempengaruhi kepuasan nasabah pada BPRS Bhakti Sumekar Cabang Tlanakan, jika dilihat dari nilai signifikansi tersebut compliance, assurance, reliability, tangible, empathy, dan responsivenessmempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah akan tetapi variabel kualitas pelayanan yang paling dominan di antara compliance, assurance, reliability, tangible, empathy, dan responsiveness mempengaruhi kepuasan nasabah adalah Empathy dikarenakan nilai Standardized Coefficient Beta sebesar 0,270 maka variabel kualitas pelayanan empathy adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan  di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Tlanakan.

References

Arif, al & Rianto, M.N (2012). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Alfabeta Cv.

Cahyani, P.D. (2016). Tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas layanan perbankan syariah di Yogyakarta. Esesnsi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 151-162.

Duwi, P. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Andi Offset

Fadali Rahman1, Nor Azizah2, Nor Kamiliya3. (2022). Analisis Rasio Penjaminan Kredit Usaha Rakyat Pada PT. Jamkrindo Pamekasan Di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiyah Syariah, 2(September), 1–11.

Hasan, & Ali. (2010). Marketing Bank Syaria. Ghalia Indonesia.

Karim, &A, adiwarman. (2014). Bank Islam AnalisisFiqih dan Keuangan. PT Raja GrafindoPersada.

Kasmir. (2004). Pemasaran Bank. Kencana.

Kotler, & Philip. (n.d.). Manajemen Pemasaran. PT Prenhalndo.

Mamang, Sangadji, E., & Sopia. (2013). Perilaku Konsumen. CV. Andi Offset.

Martasari, L., & Mardian, S. (2015). Persepsi Masyarakat terhadap Penerapan Sharia Compliance Pada Bank Syariah di Kecamatan Barabai. JurnalDinamikaAkuntansi dan Bisnis, 2(1), Article 1.

Molaee et al. - 2013—Analyzing the Impact of Service Quality Dimensions.pdf. (n.d.). Retrieved February 20, 2023, from https://citeseerx.ist.psu.edu/document?repid=rep1&type=pdf&doi=7fa555f9547a910419d165ffcaa7329384808fe7

Othman, A., & Owen, L. (n.d.). ADOPTING AND MEASURING CUSTOMER SERVICE QUALITY (SQ) IN ISLAMIC BANKS: A CASE STUDY IN KUWAIT FINANCE HOUSE. 3(1).

Siregar, & Syofian. (2011). Statistika Deskriptif untuk Penelitian. PT Raja Grafindo Persada

Tanjung, Hendri, & Devi, A. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Gramata Publishing.

Tentang BBS. (n.d.). Bank BBS. Retrieved February 20, 2023, from https://www.bhaktisumekar.co.id/v2/tentang-bbs/

Tjiptono, &Fandy. (2014). Manajemen Jasa. Andi Offset.

Downloads

Published

2023-05-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH MENGGUNAKAN MODEL CARTER DI BPRS BHAKTI SUMEKAR CABANG TLANAKAN. (2023). Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 70-80. http://journal.al-khairat.ac.id/index.php/prospek/article/view/19