IMPLEMENTASI DIGITAL CORPORATE CULTURE “EXPRESSI” DI BANK JATIM SYARIAH CAPEM SAMPANG

Authors

  • moh ramin IAI Al-Khairat Pamekasan Author
  • Syaiful Bahri Author
  • Khoiruddin Khoiruddin Author
  • Amiruddin Amiruddin Author
  • Pendi Asman Author
  • Ainol Yaqin Author
  • Moh Kholil Author

Keywords:

Budaya kerja, Budaya perusahaan digital, Ekspresi

Abstract

Peneliti menemukan bahwa penerapan budaya kerja (corporate culture) dalam proses kegiatan kerja di Bank Jatim Syariah Capem Sampang melalui penekanan dan efektifitas dalam penerapannya. Sehingga menciptakan sumber daya manusia yang terlatih dan terbentuk dalam mengejar kinerja Bank Jatim Syariah, serta mampu bersaing dan menciptakan lembaga keuangan syariah yang dapat go public dan dapat dikenal oleh lebih banyak orang. Dalam upaya membangun sumber daya manusia, proses kerja dan hasil kerja yang lebih baik diharapkan bersumber dari perilaku masing-masing individu, artinya pembentukan budaya kerja dari karyawan dan pimpinan merupakan kerangka dasar manajemen dari sebuah organisasi, yang dilakukan secara terus menerus tidak lepas dari kerja keras pemimpin. Hal inilah yang akan menghasilkan dampak yang signifikan bagi organisasi dan lembaga. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yang akan ditelaah dalam penelitian ini adalah terkait penerapan budaya perusahaan yang dalam hal ini diimplementasikan dalam beberapa referensi, sehari-hari adalah selasa, ‎Iman, OK BRO, SICOMO, dan singkatan dari kata EXPRESI. Sehubungan dengan hasil penelitian ini, disarankan kepada staf pimpinan BANK JATIM SYARIAH CAPEM SAMPANG untuk mempertahankan dan meningkatkan budaya kerja pegawainya, terlebih dahulu alangkah baiknya mengendalikan dan menerapkan budaya kerja tersebut pada diperhatikan dan dipertahankan dalam rangka meningkatkan budaya kerja yang profesional sesuai dengan visi dan misi bank Jatim itu sendiri.

References

Anon. T.T. “294835885.Pdf.”

Aisyah, E. N., Rahadjeng, E. R., Saptaria, L., Rahman, Fadali, Nurjannah, D., Mahmud, Subhan, Ega S., Arisman, Fauji, D. A. S., Utami, Budi, & PuspasariI, I. D. (2021). Analisis Data Penelitian Manajemen: Studi Fokus Analisis Kualitatif. Retrieved from http://repository.unpkediri.ac.id/4307/%0Ahttp://repository.unpkediri.ac.id/4307/1/Analisis Data Penelitian Manajemen Studi Fokus Analisis Kualitatif.pdf

Harun Ar-Rasyid. 2023. “Expresi.”

Pramazuly, Ayu Nadia, Hinfa Mosshananza, Dan Rosidah Rosidah. 2021. “Analisis Budaya ‘Piil Pesenggiri’ Dalam Peningkatan Budaya Kerja Aparatur Di Balai Desa Sabah Balau Kabupaten Lampung Selatan.” Jurnal Progress Administrasi Publik1(2):61–67. Doi: 10.37090/Jpap.V1i2.501.

Putri Meidi. 2023. “Program Kerja Expresi.”

Ramin, Moh, Rofiqi Ali Wafa, Dan Moh Ali Wafa. 2022. “Penerapan Multi Akad Dalam Kontrak Gadai Di Bank Jatim Syariah Capem Sampang.” Currency: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah1(1):18–34.

Rosyid, Abd, Aang Kunaifi, Dan Qaiyim Asy’ari. 2021.“Corporate Spiritual Leadership: Model Kepemimpinan Bisnis Era Milenial Dalam Menciptakan Great Corporate.” Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi4(1):85–93. Doi: Https://Doi.Org/10.31334/Transparansi.V4i1.1609.G816.

Wibowo, Budi, Soewito Soewito, Dan F. X. Sugiyanto. 2001. “Analisis Budaya Perusahaan Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt Pura Baru Kudus.” Jurnal Bisnis Strategi6(4):1–25. Doi: 10.14710/Jbs.6.4.1-25.

Wiradinata, Marcell. 2013. “Analisis Budaya Organisasi Pada Perusahaan Alas Kaki.” Agora1(1):235–44.

Yayan. 2023. “Pelaporan Expresi.”

YUNITA SARI. 2023. “Expresi.”

Downloads

Published

2023-05-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI DIGITAL CORPORATE CULTURE “EXPRESSI” DI BANK JATIM SYARIAH CAPEM SAMPANG. (2023). Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 39-48. http://journal.al-khairat.ac.id/index.php/prospek/article/view/16