STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH DI BMT NU DAN IMPLEMENTASINYA BERBASIS DIGITAL DI CABANG TLANAKAN PAMEKASAN

Authors

  • Matnin Matnin Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Author
  • Febriyanti Febriyanti Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Roisyatul jannah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Zelvi wulandari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Hastutik Hastutik Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Normala megawati Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator

Keywords:

strategi pemasaran, tabungan, mudharabah, digital, bmt nu

Abstract

Lembaga lembaga keuangan syariah yang ada tidak hanya bank syariah, diantaranya ada pula baitul maal wa tamwil atau yang sering disebut dengan BMT. Pada BMT NU cabang tlanakan pamekasan salah satu tabungan yang sering di gunakan diantaranya tabungan mudharabah atau biasa di sebut (tabah). Secara operasionalnya tabungan mudharabah merupakan tabungan yang bisa mempermudah dalam memenuhi kebutuhan sehari hari karna setoran dan penarikan dapat di lakukan kapan saja dan memperoleh keuntungan bagi hasil 40%. Dan menggunakan akad mudharabah mutlaqah setoran awal Rp 10.000 dan selanjutnya minimal Rp 2500. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan tabungan mudharabah di BMT NU cabang tlanakan pamekasan yang berbasis digital. Setiap anggota bisa mengecek atau bisa bertransaksi melalui aplikasi  BMT NU Q. Metode penelitian yang digunakan  adalah metode penelitian kualitatif yaitu penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta kualitas hubungan-hubungannya.

References

Al Zuhaily, Wahbah, Al Fiqh Al Islamiy Wa Adillatuhu (Damankus; Dar Al Fikr, 1997).

Alma, Bukhori, Kewirausahawan (Bandung Alfabeta, 2008).

Amin Suma, Muhammad, Menggali Akar Dan Mengurai Serat Ekonomian Keuangan Islam,( Jakarta; Kolam Publishing 2008).

Assauri, Sofyan, Manajemen Pemasaran, (Jakarta; PT Raja Grafindo Persada, 2007).

Anwar and Nasrullah. 2019. “PENDIDIKAN DAN AKTIFITAS PELATIHAN PUSAT INKUBASI BISNIS USAHA KECIL (PINBUK) DI BAITUL MAAL Wat TAMWIL (BMT) SULAWESI SELATAN.” Vol. 8, Nomor 1 | Juli – Desember, 2019.

Et.al, Aang Kunaifi. 2021. “Quantitative Easing In Overcoming the Crisis: Criticism OfQeinthe Monetary System Of Capitalism.” Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT) 12(3):3703–14. doi: 10.17762/turcomat.v12i3.1653.

Fauji, D. A. S., PuspasariI, I. D., Aisyah, E. N., Rahadjeng, E. R., Saptaria, L., Rahman, Fadali, Nurjannah, D., Mahmud, Subhan, Ega S., Arisman, & Utami, Budi. (2021). Analisis Data Penelitian Manajemen: Studi Fokus Analisis Kualitatif. In Fakultas Ekonomi Universitas Nusantra PGRI Kediri. Retrieved from http://repository.unpkediri.ac.id/4307/%0Ahttp://repository.unpkediri.ac.id/4307/1/Analisis Data Penelitian Manajemen Studi Fokus Analisis Kualitatif.pdf

Rahman, F, Sudarmiatin, Hermawan, A. (2023). Marketing Digitalization In Micro, Small, And Medium Enterprises (MSMES) of Pamekasan Regency In Post-Pandemic. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IJJSE), 6(1), 154–167. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/iijse.v6i1.1916

Rahman, F. (2022). Manajemen Pemasaran Syariah Konsep Dasar, E-Marketing, Dan Strategi. In CV. Literasi Nusantara Abadi (Vol. 1).

Rahman, Fadali, & Ashari, Azis. (2020). Pengaruh pengetahuan akad mudharabah terhadap keputusan anggota untuk menabung di bmt mawaddah cabang pakong pamekasan. Investi; Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 02(02), 87–97. Retrieved from http://ejournal.alkhairat.ac.id/index.php/INVESTI // Volume. 02 No. 02, Desember 2020

Hanafi, wawancara, kepala cabang, kantor BMT.

Hidayat, taufik, wawancara, kantor BMT.

Kotler, Philip, Manajement Pemasaran (Jakarta; PT Indeks 2005).

Kunaifi, Aang. 2016a. “AKTUALISASI PEMASARAN SYARIAH.” Jurnal Studi Islam MIYAH 12(1):1–16. doi: http://dx.doi.org/10.33754/miyah.v12i1.30.g30.

Kunaifi, Aang. 2016b. Manajemen Pemasaran Syari’ah Pendekatan Human Spirit; Konsep, Etika, Strategi, dan Implementasi. Vol. 1. 1st ed. Yogyakarta: Maghza Pustaka

Kunaifi, Aang, Muhammad Wildan Fawa’id, and Ani Faujiah. 2022. “Cryptocurrency and the Future of the World Currency.” ISLAMIC RESEARCH Perhimpunan Intelektual Muslim Indonesia, 5(1):86–97. doi: https://doi.org/10.47076/jkpis.v5i2.

Kunaifi, Aang, Fadali Rahman, and Risca Dwiaryanti. 2021. “The Philosophy and Authentication of Welfare Equalization in the Islamic Economy.” Jurnal Kajian Peradaban Islam 4(2):54–62. doi: 10.47076/jkpis.v4i2.67

Kunaifi, Aang, and Nur Syam. 2021. “Business Communication in Developing the Halal Tourism Industry.” Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE) 4(1):1–17. doi: 10.31538/iijse.v4i1.1305.

Meilani, fita, wawancara, kantor BMT.

Nasullah and anwar, pendidikan dan aktifitas pekatihan pusat inkubasi bisnis usaha kecil (Sulawesi selatan desember, 2019).

Natalia, Efy, Dulkirom, Muhammad, Dan Rahayu, Mangisti, Sri, Pengaruh Tingkat Bagi Hasil Deposito Bank Syariah Dan Suku Bangsa Deposito Bank Umum Terhadap Jumlah Simpanan Depositi Mudharabah (Brawijaya University,2014).

Nurul, Niswatin, Hidayati, Dan Mansur, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam,(Tuban; Nira Nedia 2021).

Paul N Bloom, Philip Kotler, Teknik Dan Strategi Pemasaran Jasa Professional,(Jakarta Inter Media, 1995).

Sri Ismayanti, Neni, Aspek Aspek Hukum BMT,( Bandung; Citra Aditia Bakti, 2010).

Downloads

Published

2024-02-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH DI BMT NU DAN IMPLEMENTASINYA BERBASIS DIGITAL DI CABANG TLANAKAN PAMEKASAN. (2024). Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(2), 198-204. https://journal.al-khairat.ac.id/index.php/prospek/article/view/47

Similar Articles

31-36 of 36

You may also start an advanced similarity search for this article.