ANALISIS STRATEGI PELAYANAN PRIMA DALAM MENINGKATKAN COSTUMER LOYALITY PADA USPPS BMT MAWADDAH CABANG BATU BINTANG BATUMARMAR PAMEKASAN

Authors

  • Achmad Tarmidzi Anas Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Author
  • Ita Uzzakah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Khotijah Khotijah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator

DOI:

https://doi.org/10.32806/myfgty63

Keywords:

Strategi pelayanan, Costumer Loyality, BMT Mawaddah.

Abstract

Fokus penelitian dalam yang diteliti dalam tugas laporan praktium ini adalah analisi strategi pelayanan prima dalam meningkatkan costumer loyality pada USPPS BMT Mawaddah cabang Batubintang batumarmar pamekasan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh dari lapangan yang mengenai permasalahan diatas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif artinya menggambarkan atau meringkas berbagai kondisi, situasi atau fenomena sebagaimana adanya pada saat penelitian dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan interview, wawancara, observasi, dan metode studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah  LKMS atau BMT dalam memberikan pelayanan prima pada anggota atau nasabah adalah suatu hal yang memberikan faktor dan pengaruh yang sangat besar dalam peningkatan loyalitas anggota atau nasabah, sehingga nasabah merasa dilayani dengan sepenuhnya, baik dari segi kualitas maupun kuantitas yang diberikan oleh pihak koperasi dan juga nasabah akan melakukan transaksi secara berulang-ulang baik dalam bentuk pinnjaman, gadai, ataupun simpanan atau tabungan.

References

Yulia Hamdaini Putri dan Ahmad Syathiri, Pengaruh Persepsi dan Minat Terhadap Keberadaan Baitul Mal Wattamwil (Bmt) di Kota Palembang, 2016.

M. Nur Rianto AL Arif, Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah Bandung, 2012.

Fandy Tjiptono, Pemasaran Jasa, Malang, 2005.

Fauji, D. A. S., PuspasariI, I. D., Aisyah, E. N., Rahadjeng, E. R., Saptaria, L., Rahman, F., Nurjannah, D., Mahmud, Subhan, E. S., Arisman, & Utami, B. (2021a). Analisis Data Penelitian Manajemen: Studi Fokus Analisis Kualitatif. In Fakultas Ekonomi Universitas Nusantra PGRI Kediri.

Fauji, D. A. S., PuspasariI, I. D., Aisyah, E. N., Rahadjeng, E. R., Saptaria, L., Rahman, F., Nurjannah, D., Mahmud, Subhan, E. S., Arisman, & Utami, B. (2021b). Manajemen umkm dan kewirausahaan Tinjauan Teori dan Review Riset. In Fakultas Ekonomi Universitas Nusantra PGRI Kediri. Fakultas Ekonomi Univesitas Nusantara PGRI Kediri.

Johan, J. (2024). INOVASI DALAM TEKNOLOGI KEUANGAN: MENGUBAH PRAKTIK PERBANKAN DAN INVESTASI TRADISIONAL. Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(2), 296–314. https://doi.org/10.32806/4a2g7278

Rahman, F. (2022). Manajemen Pemasaran Syariah Konsep Dasar, E-Marketing, Dan Strategi. In CV. Literasi Nusantara Abadi (Vol. 1, Issue 1).

Rahman, F., & Wafi, Abd. (2024). PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) SIBISA AL-KHAIRAT PAMEKASAN. Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(2), 113–124. https://doi.org/10.32806/5y2s8989

Ramin, Moh., Rofiqi, R., & Ali Wafa, Moh. (2024). PENERAPAN MULTI AKAD DALAM KONTRAK GADAI DI BANK JATIM SYARIAH CAPEM SAMPANG. Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(1), 18–34. https://doi.org/10.32806/2kb6s191

Rofiqi, R. (2024). ANALISIS NISBAH DALAM PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT UGT NUSANTARA CAPEM PASEAN. Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(2), 89–112. https://doi.org/10.32806/z73aag20

Mulyana dan Sufiyanor, Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan terhadap loyalitas pelanggan, 2009.

Sangadji, E.M, dan Sopiah, Perilaku Konsumen:Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian, Yogyakarta,2013.

Eddo, Rakasiwi.Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada BMT Perkasa Semarang), Semarang,2009.

Gendro Salim. Marketing Itu Mudah, Jakarta,2013

J.F. Engel, Rd. Blackwell, dan DW. Miniard, Perilaku Konsumen, Terjemahan, Jilid 1, Jakarta,1995

Kotler, P. dan Kevin Lane Keller, ”Manajemen Pemasaran”. Edisi 11, Jilid 1,Jakarta,2006

Usi Uswara, Pemikiran Kreatif Pemasaran, Cetakan 1,Yogyakarta, 2008.

Bintoro, Konsumen dan Pelayanan Prima, Cetakan 1,Yogyakarta, 2014.

Nina Rahmayanty, Manajemen Pelayanan Prima,Yogyakarta, 2010.

Ahmad Tarmidzi Anas Dkk, Analisis Penentuan Nisbah Bagi Hasil Terhadap Pembiayaan Mudharabah di BMT Mawaddah Cabang Karang Penang Pamekasan, Pamekasan, 2022.

Downloads

Published

2024-04-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS STRATEGI PELAYANAN PRIMA DALAM MENINGKATKAN COSTUMER LOYALITY PADA USPPS BMT MAWADDAH CABANG BATU BINTANG BATUMARMAR PAMEKASAN. (2024). Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 401-410. https://doi.org/10.32806/myfgty63