STRATEGI MARKETING PRODUK SIMPANAN TABUNGAN MUDLARABAH (TABAH) DI KSPPS BMT NUCABANG SAMPANG

Authors

  • Moh. Ramin Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Author
  • Mostofa Mostofa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Moh. Lutfi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Achmad Arisandi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator
  • Ach. Lutfi Al-Rifqi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan Translator

DOI:

https://doi.org/10.32806/smzp6s63

Keywords:

Strategi Pemasaran, Produk Simpanan Mudharabah.

Abstract

Artikel ini tujuannya untuk mengetahui apa strategi pemasarannya dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh KSPPS BMT NU Cabang Sampang dalam meningkatkan minat masyarakat pada produk simpanan tersebut. Penelitian ini metodenya menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Strategi yang digunakan oleh peneliti menggunakan wawancara terstruktur dan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan tujuan penelitian dengan informan yang terkait pada pokok masalah yang sedang dihadapi yaitu perwakilan pengelola KSPPS BMT NU Cabang Sampang dan nasabah. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS BMT NU Cabang Sampang dengan menggunakan marketing mix 11 berupa produk (product) terbilang lengkap, harga (price) sangat murah, tempat (place) dengan cara jemput bola, promosi (promotion) lebih kepada petugas lapangan dan brosur, orang (people) adalah karyawan laki-laki dan perempuan yang mengutamakan lulusan pondok pesantren, kepedulian (public relation) dengan memberikan denda yang diperoleh dari nasabah untuk disumbangkan kepada lembaga sosial, bukti fisik (physical evidence) dengan mendirikan kantor dan terdapat bukti transaksi, kekuasaan (power) dengan adanya jaringan yang kuat dan nasabah cukup banyak, tekanan (pressure) dalam bekerja karyawan harus menjalankan dengan tepat waktu dan penuh tanggungjawab, kinerja (performance) yamg anggun dan menetapkan siapa saja karyawan yang memiliki kinerja yang baik dinaikkan jabatannya begitupun sebaliknya, dan proses (process) yang baik, ramah, dan sopan akan memberikan kesan tersendiri bagi nasabah. Tingkat penggunaaan yang diterapkan oleh KSPPS BMT NU Cabang Sampang pada produk simpanannya menjadi lebih baik dan lebih meningkat dari minat masyarakat terutama Kecamatan Sampang. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi dapat meningkatkan jumlah nasabah dalam waktu yang lebih cepat dan jangkauannya luas dengan memanfaatkan salah satu media yang ada.

References

Antin Okfitasari, Agus Suyatno. (2016). Analisis Kesehatan Koperasi Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja dan Pelayanan. Jurnal Ekonomi Islam, 4(2), 2.

Farid Hidayat. (2016). Alternative Sistem Pengawasan Pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Dalam Mewujudkan Syariah Compliance. Jurnal Ilmu Hukum dan Ilmu Islam, 1(2), 384-385.

Anas, Achmad Tarmidzi, and Azis Ashari. n.d. “SMART TRADITIONAL MARKET TRADERS; PELUANG BISNIS KREATIF & INOVATIF DI ERA DIGITAL.”

Anas, Ahmad. 2024. “MEMPERKUAT EKONOMI MASYARAKAT MELALUI QARDH BERAGUN EMAS: PENGALAMAN DAN PEMBELAJARAN DARI BPRS SARANA PRIMA MANDIRI KANTOR KAS BANDARAN.” Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 2(1):222–32. doi: 10.32806/wd7xg190.

Bahri, Mat. 2023. “UPAYA PEMASARAN PRODUK RAHN UNTUK MENJAGA PANGSA PASAR (STUDI PADA BMT-UGT SIDOGIRI DI KECAMATAN PEGANTENAN).” Investi : Jurnal Ekonomi dan Perbankan 4(2):529–41. doi: 10.32806/ivi.v4i2.136.

Fauji, D. A. S., I. D. PuspasariI, E. N. Aisyah, E. R. Rahadjeng, L. Saptaria, Fadali Rahman, D. Nurjannah, Mahmud, Ega S. Subhan, Arisman, and Budi Utami. 2021. Transformasi Bisnis Digital.

Kadir, Abdul, Aang Kunaifi, and Zainuddin Zainuddin. 2024. “STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING KOPERASI DI BMT SIDOGIRI CAPEM WARU.” Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 1(1):79–88. doi: 10.32806/tpqfj628.

Kunaifi, Aang. 2016. “AKTUALISASI PEMASARAN SYARIAH.” Jurnal Studi Islam MIYAH 12(1):1–16. doi: http://dx.doi.org/10.33754/miyah.v12i1.30.g30.

Kunaifi, Aang, and Lailatul Qomariyah. 2021. “Developing Company Images Through Spiritual Public Relations Facing Covid-19 Outbreak.” Jurnal Iqtisaduna 1(1):13. doi: 10.24252/iqtisaduna.v1i1.15808.

Matnin, Matnin, Dian Anggraini, Fatimah Fatimah, Haifatul Hasanah, Noviatus Zahroh, and Uswatun Hasanah. 2023. “MODEL PELAYANAN TABUNGAN ANGGOTA KSPPS BMT NU CABANG LARANGAN.” Investi : Jurnal Ekonomi dan Perbankan 4(1):503–13. doi: 10.32806/ivi.v4i1.120.

Nurlatipah, W.S. Rahman, F. Toha, M. 2022. “Analysis of Financial Ratios on The Performance of Muamalat IndonesiaBank.” Jurnal of Islamic Finance and Management 33(1):1–12.

Rahman, F. 2022. Manajemen Pemasaran Syariah Konsep Dasar, E-Marketing, Dan Strategi. Vol. 1.

Rahman, F, Sudarmiatin, Hermawan, A. 2023. “Marketing Digitalization In Micro, Small, And Medium Enterprises (MSMES) of Pamekasan Regency In Post-Pandemic.” Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IJJSE) 6(1):154–67. doi: https://doi.org/10.31538/iijse.v6i1.1916.

Rahman, Fadali, Mad Yunus, Ahmad Nuruddin Hasbullah, Program Studi, Ekonomi Syariah, and Jawa Timur. 2022. “STRATEGI MARKETING MIX DI PT . SEMEN INDONESIA.” 3(1).

Ramin, Moh., Rofiqi Rofiqi, and Moh. Ali Wafa. 2024. “PENERAPAN MULTI AKAD DALAM KONTRAK GADAI DI BANK JATIM SYARIAH CAPEM SAMPANG.” Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 1(1):18–34. doi: 10.32806/2kb6s191.

Rofiqi, Rofiqi. 2024. “ANALISIS NISBAH DALAM PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT UGT NUSANTARA CAPEM PASEAN.” Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 1(2):89–112. doi: 10.32806/z73aag20.

Wahyudin, Ahmad. n.d. “STUDI FENOMENOLOGI TENTANG PENGALAMAN PEKERJA MIGRAN DALAM INDUSTRI PARIWISATA.”

Juneda J. (2019). Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan PT. BNI Syariah KC. Parepare. Jurnal EkonomiDan Bisnis Islam. 1(2), 215-216. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/balanca/article/view/1145/624

Freddy Rangkuti. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 48.

Kertajaya Herman, Syakir Sula Muhammad. (2006). Syariah Marketing. Bandung: PT Mizan Pustaka, 26.

Kotler, Philip, Amstrong Gary. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Keduabelas. Jakarta: Penerbit Erlangga, 6.

Firmansyah, Anang. (2019). Permasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media, 2-3.

Kasmir. (2016). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi 2014. Jakarta: PT Grafindo Persada, 61.

Downloads

Published

2024-04-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI MARKETING PRODUK SIMPANAN TABUNGAN MUDLARABAH (TABAH) DI KSPPS BMT NUCABANG SAMPANG. (2024). Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 423-433. https://doi.org/10.32806/smzp6s63