PENGARUH SINERGI KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN PERSEPSI KEADILAN TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN PEGADAIAN SYARIAH

Authors

  • Nurissyarifah Nurissyarifah Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Rahayu Mardikaningsih Universitas Sunan Giri Surabaya Translator

DOI:

https://doi.org/10.32806/4kcjwz66

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Promosi, Persepsi Keadilan, Kepercayaan Pelanggan, Pegadaian Syariah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sinergi antara kualitas pelayanan, promosi, dan persepsi keadilan terhadap kepercayaan pelanggan di Pegadaian Syariah. Kualitas pelayanan yang baik, promosi yang efektif, dan persepsi keadilan yang positif merupakan faktor-faktor penting dalam membangun dan mempertahankan kepercayaan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan Pegadaian Syariah. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis regresi untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, promosi, dan persepsi keadilan secara signifikan berpengaruh positif terhadap kepercayaan pelanggan. Temuan ini mengindikasikan bahwa Pegadaian Syariah perlu meningkatkan sinergi antara ketiga faktor tersebut untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, yang pada akhirnya dapat mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis.

References

Anam, C., Istiqomah, I. W., & Husna, P. I. A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Konsumen, Kualitas Produk, Ekuitas Merek Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Eiger Mojokerto. Margin Eco, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.32764/margin.v6i1.2577

Aqlya Zuhra Ilma, & Catur Sugiarto. (2022). Peran Kualitas Pelayanan Rumah Sakit di Era JKN dan Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 58–72. https://doi.org/10.59024/semnas.v1i1.6

Astuti, D., Luthfiana, H., Putri, N. H., Alieviandy, N. S., Sari, N. S., & Pratama, N. A. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Kerja: Lingkungan Kerja, Stress Kerja dan Insentif (Literature Review Manajemen Kinerja) DOI https://doi.org/10.31933/jimt.v4i2. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(2), 199–214.

Ayuni, D. M., & Prasetyawati, Y. R. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Guardian Health & Beauty Retail. Jurnal Manajemen & Bisnis Madani, 2(1), 18–34.

Bashir, M. A. (2019). Impact of Brand Equity on Consumer Brand Preference and Brand Purchase Intention. IBT Journal of Business Studies, 15(1), 138–148. https://doi.org/10.46745/ilma.jbs.2019.15.01.11

Caniago, A. (2022). Analisis Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lentera Bisnis, 11(3), 219. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i3.652

Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 104–112. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.256

Firdaus, M. F., & Yamini, E. A. (2023). Pengaruh Brand Equity dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepatu Sandal Merek Eiger. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 1154–1160.

Fitrianto, H., & Wikaningtyas, S. U. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Matapisau Barbershop Yogyakarta. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(4), 1189–1209. https://doi.org/10.32477/jrabi.v3i4.850

Giffari, N. L., & Nasution, F. A. (2023). Pengaruh Ekuitas Merek , Kualitas Produk, dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Smartphone Samsung. Journal of Social and Economics Research, 4(1), 42–47.

Jasmani, J. (2019). Pengaruh Promosi Dan Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Hasil Penjualan. JURNAL SeMaRaK, 1(3), 142–157. https://doi.org/10.32493/smk.v1i3.2256

Maftachul Ningrum. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Akuntabilitas,Dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Muzakki Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Di Lembaga Amil Zakat Kota Magelang. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 12–20. https://doi.org/10.55606/jebaku.v2i2.120

Ngongo, & Lena. (2024). Pengaruh Kemudahan dan Kepercyaan terhadap Minatbeli pada Aplikasi Tiktokshop. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 03(5), 603–610.

Panus, H. panus, Wahyudi, A., Deliman, L., & Wadhi, Y. P. H. (2023). Financial Performance Analysis at PT. Pegadaian (Persero) Period 2018-2022. The ES Accounting And Finance, 2(01), 16–34. https://doi.org/10.58812/esaf.v2i01.122

Permatasari, E., Luthfiana, H., Pratama, N. A., & Ali, H. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Ulang: Promosi, Harga dan Produk. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 3(5), 469–478. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i5

Persepsi-keadilan, H. A. (2004). Hubungan antara persepsi-keadilan, kepergayaan dan komitmen dari. Bina Ekonomi, 8(l). https://journal.unpar.ac.id/index.php/BinaEkonomi/article/view/617

Rahma, A. W., & Ekowati, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Berbelanja Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 3(1), 10–17.

Ramadhika, P. (2019). BAB II Tinjauan Pustaka BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. 1–64. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Saputra, A., Alwie, A. F., & Widayatsari, A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Donatur Dompet Dhuafa Riau. Jurnal Dakwah Risalah, 31(1), 70. https://doi.org/10.24014/jdr.v31i1.10040

Simangunsong, R., & Morina. (2021). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa Universitas Hkbp Nommensen Medan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2), 131–149. https://doi.org/10.51622/jispol.v1i2.413

Yulianti, A., & Kurniawan, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan Dan Persepsi Keadilan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kepercayaan. Jurnal Riset Keuangan Dan Akuntansi, 5(1). https://doi.org/10.25134/jrka.v5i1.1929

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

PENGARUH SINERGI KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN PERSEPSI KEADILAN TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN PEGADAIAN SYARIAH. (2024). Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(2), 434-444. https://doi.org/10.32806/4kcjwz66

Similar Articles

21-30 of 34

You may also start an advanced similarity search for this article.